Juara Dunia yang Pindah Dari Indonesia Disebut BWF Tak Ada Tandingannya

Sabtu, 12 Desember 2020 00:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Keberhasilan Juara Dunia dua kali yang pindah dari Indonesia Tony Gunawan meraih kesuksesan dengan pasangan berbeda membuat Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kagum padanya. Copyright: © Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Keberhasilan Juara Dunia dua kali yang pindah dari Indonesia Tony Gunawan meraih kesuksesan dengan pasangan berbeda membuat Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kagum padanya.

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Juara Dunia dua kali yang pindah dari Indonesia Tony Gunawan meraih kesuksesan dengan pasangan berbeda membuat Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kagum padanya.

Tony Gunawan merupakan salah satu atlet bulutangkis yang memiliki karier luar biasa. Apalagi peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 yang memutuskan hijrah ke Amerika Serikat merupakan salah satu pemain yang mudah beradaptasi dengan pebulutangkis manapun.

Tony Gunawan merupakan salah satu pewaris dari kecemerlangan Indonesia di ganda putra, karena dirinya bersama dengan Candra Wijaya, Sigit Budiarto dan Halim Haryanto berhasil melanjutkan dominasi Indonesia di sektor ganda putra yang jadi sorotan BWF.

Tony Gunawan merupakan pemain all-court yang hebat. Permainannya di lapangan depan dan belakang serta pertahanan yang biasa dan serangan kilatnya yang menakutkan, ia berhasil membangun kemitraan yang sukses dengan Candra Wijaya dan Halim Haryanto.

Bahkan tak hanya berhasil meraih kesuksesan dengan duetnya bersama pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia saja, ketika hijrah ke Amerika Serikat pun Tony Gunawan berhasil melakukan hal yang sama.

Tahun 2001, Tony Gunawan memilih hijrah ke Amerika Serikat dan kemudian bermitra dengan Howard Bach yang berhasil meraih gelar Juara Dunia setelah mengalahkan mantan partnernya, yakni Candra Wijaya/Sigit Budiarto di partai final untuk merebut gelar Juara Dunia.

Kefantastisan Tony Gunawan meraih gelar dengan siapapun pasangannya membuat BWF kagum padanya dan menyebut bahwa hanya ada segilintir pebulutangkis yang bisa menyamai apa yang dilakukannya.