Kaleidoskop Bulutangkis Maret 2020: Berakhirnya Era Fantastic Four

Jumat, 25 Desember 2020 14:00 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Lin Dan, Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, dan Peter Gade. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Lin Dan, Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, dan Peter Gade.

INDOSPORT.COM - Maret 2020 menjadi momentum berakhirnya era fantastic four bulutangkis. Keempat pemain gemilang yang menghiasi era tersebut adalah Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, Peter Gade, dan Lin Dan.

Mereka dalah bintang bulutangkis di sektor tunggal putra. Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, Peter Gade, dan Lin Dan selali menjadi ikon persaingan tunggal putra hingga dijuluki era fantastic four.

Mereka berjaya di tahun 2000-an, namun kini kejayaan fantastic four telah berakhir pada Maret 2020 yakni setelah Lin Dan memutuskan untuk pensiun.

Peter Gade menjadi anggota fantastic four pertama yang gantung raket, tepatnya pada 2012 silam saat usianya menginjak 36 tahun.

Di sepanjang kariernya, Peter berhasil meraih satu medali perak, empat medali perunggu kejuaraan dunia, serta berbagai gelar lainnya.

Satu tahun kemudian giliran Taufik Hidayat yang memutuskan untuk pensiun. Taufik merengkuh medali emas Olimpiade Athena 2004, medali emas, perak, dan perunggu dari Kejuaraan Dunia.

Di saat Peter Gade dan Taufik Hidayat sudah pensiun, Lee Chong Wei dan Lin Dan masih terus produktif. Kedua pemain itu terus bersaing untuk meraih prestasi tertinggi.

Sampai akhir Lee Chong Wei harus pensiun karena menderita kanker nasofaring. Satu tahun setelah Lee Chong Wei pensiun, giliran Lin Dan yang gantung raket.

Dengan demikian era fantastic four pun resmi berakhir. Kini giliran pemain-pemain muda seperti Kento Momota, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dll yang meramaikan komepetisi bulutangkis di sektor tunggal putra.