Perpanjang Kontrak Park Joo-bong, Bulutangkis Jepang Serius Saingi Dinasti China dan Indonesia?

Sabtu, 26 Desember 2020 15:23 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Peng Huan/Visual China Group via Getty Images
Serius ingin saingi dinasti bulutangkis China dan Indonesia, Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) resmi memperpanjang kontrak Kepala Pelatih Park Joo-bong. Copyright: © Peng Huan/Visual China Group via Getty Images
Serius ingin saingi dinasti bulutangkis China dan Indonesia, Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) resmi memperpanjang kontrak Kepala Pelatih Park Joo-bong.

INDOSPORT.COM - Serius ingin saingi dinasti bulutangkis China dan Indonesia, Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) resmi memperpanjang kontrak Kepala Pelatih Park Joo-bong.

Dilansir dari situs olahraga Badminton Spirit, NBA resmi mengumumkan perpanjangan kontrak dari Kepala Pelatih Park Joo-bong hingga Maret 2025 per Sabtu (26/12/20) hari ini.

Park Joo-bong sudah menjadi Kepala Pelatih Timnas Bulutangkis Jepang sejak tahun 2004 dan sejauh ini, di masa kepemimpinannya ia berhasil membangkitkan dunia tepok bulu dari Negeri Sakura.

Terbukti di tahun 2007, Park Joo-bong berhasil mempersembahkan dua medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulutangkis untuk Jepang setelah tiga tahun kepemimpinannya di bulutangkis Negeri Sakura.

Lalu di Olimpiade London mempersembahkan medali perak dan golnya di Olimpiade Rio 2016, legenda bulutangkis Korea Selatan berhasil mempersembahkan medali emas lewat sektor ganda putri dan masih banyak lagi prestasi yang sudah ditorehkan olehnya.

Di era kekuasaan Park Joo-bong juga banyak bintang-bintang bulutangkis yang lahir. Sebut saja Kento Momota, Akane Yamaguchi, Nozomi Okuhara, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Mayu Matsumoto/Wakanan Nagahara, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota hingga Misaki Matsutomo/Ayaka Takahshi dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Tentu saja dengan diperpanjangnya kontrak Park Joo-bong hingga tahun 2025 mendatang bisa dikatakan bahwa Jepang tengah serius membangun dinasti di bulutangkis dan menyaingi dua rivalnya yakni Indonesia dan China.

Apalagi tidak dapat dipungkiri, semenjak kehadiran Park Joo-bong, kekuatan bulutangkis Jepang kini menjadi yang sangat diperhitungkan dan kerap kali menjadi batu sandungan yang besar untuk China dan Indonesia.

Selain itu, dapat dilihat juga dengan diperpanjangnya kontrak Park Joo-bong oleh NBA menjadi bukti keseriusan mereka dalam meraih medali Olimpiade tidak hanya di Olimpiade Tokyo saja, tetapi juga di Olimpiade Paris 2024.