5 Pertarungan Lin Dan vs Lee Chong Wei yang Paling Fenomenal

Selasa, 29 Desember 2020 08:08 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Para pencinta bulutangkis generasi ini cukup beruntung bisa menyaksikan aksi-aksi seru para raja tunggal putra dunia yang tergabung dalam Big Four Kings, yakni Peter Gade, Taufik Hidayat, Lin Dan, serta Lee Chong Wei.

Namun pada 2020 ini, raja tunggal putra terakhir, Lin Dan resmi mengumumkan pensiun dari bulutangkis. Ia dikenal memiliki persaingan berat melawan legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei.

Untuk mengenang rivalitas hebat keduanya, berikut ini INDOSPORT sajikan lima pertarungan paling fenomenal di antara Lin Dan vs Lee Chong Wei.

Final Japan Open 2010 (Menang: Lee Chong Wei)

Salah satu pertarungan terkenal mereka adalah saat bertemu di partai pemuncak Japan Open 2010. Setelah itu, kedua legenda ini telah bertemu sebanyak 21 kali di mana Lin Dan berhasil memenangi 15 dari pertandingan tersebut.

Dalam pertarungannya di Japan Open 2010 tersebut, keduanya tidak pernah mengalami satu kekalahan pun hingga bertemu di babak final, di mana Chong Wei keluar sebagai juaranya, sebagaimana dikutip dari Sportskeeda.

Meski sukses menyabet gelar juara, perjalanan tunggal putra terbaik Malaysia tersebut untuk mengalahkan Lin Dan tidaklah mudah. Keduanya dipaksa bermain rubber set untuk menentukan siapa yang menjadi juaranya.

Kala itu, Chong Wei lebih dulu unggul usai memenangi set pertama dengan skor 22-20. Memasuki set kedua, Lin Dan terlihat mulai bangkit dan menyamakan kedudukan dengan skor 16-21. Di set penentuan, Chong Wei akhirnya sukses mengunci kemenangannya lewat skor 21-17.

Final BWF World Championships 2011 (Menang: Lin Dan)

Dalam turnamen ini, Chong Wei tampil sebagai unggulan teratas dan Lin Dan menempati unggulan kedua. Jelas hal ini membuat Chong Wei lebih difavoritkan untuk menyabet gelar juara.

Hal ini bisa dilihat dari langkah Chong Wei yang terbilang mulus hingga mampu menyegel tempat di partai final. Sedangkan Lin Dan harus berjuang keras untuk mengalahkan unggulan ketiga, Peter Gade, dengan skor akhir 22-24, 21-7, dan 21-15 demi bertemu Lee Chong Wei di partai pemuncak.

Namun, hal itu berubah saat keduanya bertemu di laga final. Lin Dan memang lebih dulu takluk di set pertama. Namun, pemain berjuluk “Super Dan” tersebut mampu mengatasinya di set kedua dan ketiga hingga skor akhir keduanya berakhir 20-22, 21-14, dan 23-21 untuk kemenangan Lin Dan.