Hal Aneh Dalam Sesi Latihan Perdana Tim Indonesia di Thailand Open 2021

Kamis, 7 Januari 2021 03:25 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Subhan Wirawan
© Humas PBSI
Latihan Perdana di Thailand Open 2021 Copyright: © Humas PBSI
Latihan Perdana di Thailand Open 2021

INDOSPORT.COM – Jelang tampil di ajang bulutangkis Thailand Open 2021 pada 12 Januari mendatang, tim Indonesia melihat hal aneh selama menjalani latihan perdana di Bangkok. Apa itu?

Sebelumnya, tim Indonesia yang telah tiba di Bangkok pada Senin (04/01/21) lalu, telah melakukan serangkaian latihan sebagai persiapan jelang tampil di Thailand Open 2021. 

Manajer Timnas Bulutangkis Indonesia, Aryono Miranat yang turut mengawasi latihan perdana Timnas Bulutangkis Indonesia pada Rabu (6/1/21), menyampaikan bahwa para atlet berada dalam kondisi prima.

“Anak-anak semua dalam kondisi baik. Hari ini jatah latihan pertama hanya dipakai untuk penyegaran dan pemulihan kondisi setelah mendarat di Bangkok, Senin lalu," ujar Aryono melalui Humas PBSI.

Untuk menu latihan yang diterapkan, para atlet melakukan latihan teknik dari pukul 08.30 hingga 11.15 waktu setempat. Latihan ini ditujukan sebagai proses pemulihan dan penyegaran setelah dua hari para pemain beristirahat setelah sampai di Thailand.

Menjadi kompetisi pertama yang dijalani setelah rehat karena pandemi, Aryono merasa sedikit aneh dan susah untuk terbiasa dengan peraturan yang ada.

"Meskipun begitu, di tengah penerapan sejumlah aturan protokol kesehatan yang menurut saya terasa berlebihan, saya lihat para pemain begitu semangat. Ini nilai positifnya," ucap Aryono.

Menariknya, demi menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh pemain, pelatih, dan staf yang hadir dari virus Covid-19, panitia penyelenggara Thailand Open 2021 menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. 

Sebagai contoh, lapangan yang sudah dipakai tidak boleh langsung dipakai oleh tim negara lain. Sebaliknya, harus dibersihkan dan disterilkan lebih dulu.

"Memang seperti terlihat aneh. Tetapi panitia rupanya benar-benar mau menjaga kesehatan dan keselamatan semua pemain dari virus Covid-19," ungkap Aryono, yang juga asisten pelatih ganda putra.

Setelah latihan sesi pagi, skuat merah putih kembali ke Hotel Novotel Bangkok Impact, tempat mereka menginap selama di Thailand. Tidak ada kegiatan pada siang dan sore hari. 

"Jika sesuai jadwal, ada slot sesi latihan fisik di gym selama sejam mulai pada pukul 20.00. Tapi, nggak kita ambil. Sudah kemalaman," pungkas Aryono.