Hasil Antiklimaks di Dua Turnamen Thailand Open

Kamis, 21 Januari 2021 23:33 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Ganda Campuran Indonesia, Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Ganda Campuran Indonesia, Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti.

INDOSPORT.COM - Menjalani dua turnamen dalam dua pekan secara berturut-turut memang tidak mudah. Tidak hanya fisik, mental pun diuji. Menjaga konsentrasi tetap prima di tengah persaingan ketat jadi tantangan tersendiri.

Dua turnamen Thailand Open digelar secara beruntun di Bangkok, masing-masing pada 12-17 Januari 2021 (Yonex Thailand Open) dan 19-24 Januari 2021 (Toyota Thailand Open). Mereka adalah turnamen pengganti untuk Indonesia Open 2020 dan China Open 2020.

Tak semua pemain bisa melewati ujian dua turnamen dengan mudah. Hasil bertolak belakang bisa saja dialami. Contoh paling nyata adalah pasangan ganda campuran Tanah Air, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Pada Yonex Thailand Open, mereka berhasil menembus babak final. Sayanganya, mereka kalah dari Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) dalam perebutan gelar juara.

Dua hari bersitirahat, mereka menjalani laga babak pertama Toyota Thailand Open, Rabu (20/1/2021). Siapa sangka mereka langsung tumbang pada babak ini. Praveen/Melati kalah 21-14, 9-21, 13-21 dari Thom Micquel/Delphine Delrue (Prancis),

"Kami sedih dengan hasil ini. Mereka bermain sangat bagus hari ini. Kami harus meningkatkan kemampuan. Pada gim kedua, strategi mereka sangat baik dan mereka terus menekan kami," kata Praveen Jordan.

Nasib tragis lainnya dialami finalis tunggal putra Yonex Thailand Open, Ng Ka Long Angus (Hong Kong). Pada Totota Thailand Open, perjalanannya terhenti pada babak kedua. Unggulan ketujuh ini kalah 13-21, 11-21 dari wakil Taiwan, Wang Tzu Wei, Kamis (21/1/2021).

"Skor pertandingan tidak merefleksikan betapa saya sudah berusaha keras hari ini. Saya sudah berusaha yang terbaik, tetapi Wang bermain sangat baik hari ini. Penampilan saya minggu ini tidak sebaik pekan lalu, jadi dia memang layak menang," kata Angus setelah pertandingan.

Selain dua pemain/pasangan di atas, juara dan finalis Yonex Thailand Open masih berhasil melangkah ke perempat final Toyota Thailand Open.

© Badminton Indonesia
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di Mola TV PBSI Home Tournament. Copyright: Badminton IndonesiaHafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di Mola TV PBSI Home Tournament.

Dari sisi berbeda, ada juga pemain/pasangan yang langsung tumbang pada babak pertama Yonex Thailand Open, lalu bisa meraih hasil lebih baik pada turnamen Toyota Thailand Open.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja kini berada di babak perempat final Toyota Thailand Open, setelah pekan lalu langsung tersingkir pada pertandingan perdana.

Mereka akan bertemu wakil Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See, pada babak perempat final, Jumat (22/1/2021).

Hafiz/Gloria merupakan harapan terakhir Indonesia di sektor ganda campuran. Selain pasangan ini, Indonesia masih punya dua wakil yang bertahan, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra) dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri).

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%