Sepak Terjang Darah Muda Pasukan Herry IP di Thailand

Kamis, 21 Januari 2021 22:43 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© badmintonindonesia
Pebulutangkis Ganda Putra Indonesia, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin. Copyright: © badmintonindonesia
Pebulutangkis Ganda Putra Indonesia, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin.

INDOSPORT.COM - Pengalaman adalah guru yang paling baik dan berguna. Ungkapan ini berlaku untuk semua aspek kehidupan, termasuk olahraga. Hal ini juga dirasakan oleh pasukan muda ganda putra bulutangkis Tanah Air.

Tiga pasangan ganda putra muda dikirim ke Thailand untuk mengikuti dua turnamen yang masuk dalam kalender Asian Leg. Mereka mendampingi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/M Rian Ardianto.

Ketiga pasangan muda tersebut adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Pengalaman bertanding di Thailand, terutama turnamen Yonex Thailand Open (12-17 Januari 2021), tak akan pernah dilupakan oleh Leo/Daniel. Pasangan yang sama-sama berusia 19 tahun ini mencatat sejarah dengan lolos ke babak semifinal turnamen Super 1.000 untuk kali pertama.

Sebelum sampai ke semifnal, mereka selalu bertanding tiga gim. Perjalanan mereka akhirnya dihentikan pasangan senior Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, dalam pertarungan dua gim.

"Masih banyak yang harus mereka pelajari. Saya juga selalu mengingatkan mereka untuk tidak sombong, bahwa mereka masih cacing belum jadi naga, jadi harus selalu rendah hati," kata pelatih kepala ganda putra nasional, Herry Iman Pierngadi, kepada INDOSPORT, Senin (18/1/2021).

Pebulutangkis Ganda Putra Indonesia, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin. Copyright: twitter@bwfmediaPebulutangkis Ganda Putra Indonesia, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin.

Herry juga mengatakan harapannya bahwa para pemain muda lainnya akan bisa berbicara banyak pada turnamen brikutnya, Toyota Thailand Open (19-24 Januari 2021).

Menurut Herry, undian di turnamen tersebut menjadi ujian, karana para pasangan muda ini akan bertemu lawan-lawan tangguh dari luar Indonesia. Hasilnya, tiga pasangan muda ini hanya bisa bertahan sampai babak kedua.

"Masih banyak PR untuk mereka. Jam bertanding mereka juga masih kurang. Mereka harus sering ketemu pemain top 10 dari negara lain, supaya bisa mengukur kemampuan, dan tahu juga kelemahan mereka," kata Herry IP pada Kamis (21/1/2021).

Ganda putra Indonesia hanya memiliki satu wakil yang lolos ke babak perempat final Toyota Thailand Open 2021, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan senior ini akan menghadapi Ben Lane/Sean Vendy (Inggris), Jumat (22/1/2021).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
9%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
45%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
45%