Evgeniya Kosetskaya, Pebulutangkis Kedua Rusia di WTF 2020 Usai 'Mantan Terindah' Hendra Setiawan

Senin, 25 Januari 2021 16:41 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Mengenal Evgeniya Kosetkaya, pebulutangkis kedua Rusia yang debut di BWF World Tour Finals 2020 usai 'mantan terindah' Hendra Setiawan, Anastasia Russkikh. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Mengenal Evgeniya Kosetkaya, pebulutangkis kedua Rusia yang debut di BWF World Tour Finals 2020 usai 'mantan terindah' Hendra Setiawan, Anastasia Russkikh.

INDOSPORT.COM - Mengenal Evgeniya Kosetkaya, pebulutangkis kedua Rusia yang debut di BWF World Tour Finals 2020 usai 'mantan terindah' Hendra Setiawan, Anastasia Russkikh.

Dalam rilisan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terbaru soal pebulutangkis yang lolos ke World Tour Finals 2020, Senin (25/01/21), ada satu nama yang mencuri perhatian. Nama itu adalah Evgeniya Kosetkaya yang merupakan tunggal putri asal Rusia yang akan melakukan debut perdana di kompetisi prestisius ini.

Evgeniya Kosetskaya mungkin tak pernah menyangka kalau absennya Nozomi Okuhara dan Busanan Ongbamrungphan di Thailand Open 2021 bisa melakukan debut perdana di BWF World Tour Finals 2020.

Nozomi Okuhara dan Busanan Ongbamrungphan sejatinya kualifikasi untuk bisa bermain di BWF World Tour Finals 2020, tetapi ketidakikutsertaan mereka di dua edisi Thailand Open 2021 akhirnya membuat tiket itu salah satunya jatuh ke tangan Evgeniya Kosetskaya.

Debut perdana Evgeniya di BWF World Tour Finals 2021, disebut BWF akan menjadikannya sebagai wakil Rusia kedua yang lolos ke kompetisi tersebut setelah sebelumnya 'mantan terindah' Hendra Setiawan yakni Anastasia Russkikh yang melakukannya pada tahun 2020.

Kala itu, eks pebulutangkis yang pernah berduet dengan Hendra Setiawan dan mengukir beberapa prestasi apik bermain di ganda putri berpasangan dengan wakil Bulgaria Petya Nedelcheva.

Namun itu sudah berlalu sekitar 10 tahunan lalu, dan sekarang Evgeniya Kosetskaya-lah yang akan melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Anastasia Russkikh di masa lalu.

Pebulutangkis yang memiliki nama lengkap Evgeniya Andreevna Kosetskaya lahir pada 16 Desember 1994 dan melakukan debut perdananya di dunia bulutangkis pada tahun 2007 silam.

Peringkat 20 adalah peringkat dunia tertinggi yang pernah dicapainya dan itu terjadi pada Juni 2018 lalu. Sekarang ini, Evgeniya Kosetskaya menempati peringkat 25 dunia di sektor tunggal putri.