Rekap Semifinal BWF World Tour Finals 2020: Ahsan/Hendra Jaga Harapan Indonesia untuk Raih Gelar

Sabtu, 30 Januari 2021 23:35 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Ganda Putra Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Ganda Putra Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mempertahankan asa Indonesia untuk membawa pulang minimal satu gelar dari turnamen BWF World Tour Finals 2020.

Ahsan/Hendra berhasil melaju ke babak final turnamen tutup tahun tersebut setelah mengalahkan wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae, dengan 23-21, 21-13, di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (30/1/2021).

Pada laga final, Ahsan/Hendra akan menghadapi tantangan berat yaitu pasagan Taiwan yang tengah naik daun, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Bagi Lee/Wang, ini merupakan kali ketiga mereka melangkah ke babak final dari tiga turnamen yang digelar di Thailand selama Januari 2021. Mereka sudah tidak terkalahkan dalam 14 laga di Thailand.

Salah satu pertandingan yang dimenagi Lee/Wang adalah pada semifinal Toyota Thailand Open, Sabtu (23/1/2021), saat bertemu Ahsan/Hendra. Mereka menang dengan 14-21, 22-20, 21-12.

Dari sektor tunggal putra, pemain yang berhail melangkah ke partai puncak adalah Viktor Axelsen dan Anders Antonsen, keduanya dari Denmark. 

Axelsen melangkah ke final berkat kemenangan relatif mudah (21-16, 21-9) atas wakil Taiwan, Chou Tien Chen. Kemenangan ini juga menjadikan Axelsen sebagai salah satu pemain yang belum terkalahkan dalam 14 laga di Thailand selama Januari 2021.

© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Copyright: Shi Tang/Getty ImagesPasangan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Pertemuan dua pemain satu negara juga akan terjadi pada final ganda putri. Dua wakil Korea Selatan berhasil lolos ke partai puncak. Mereka adalah Lee So Hee/Shin Seung Chan dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Final tunggal putri BWF World Tour Finals 2020 sangat istimewa. Laga puncak nomor ini akan mempertemukann Carolina Marin (Spanyol) dan Tai Tzu Ying (Taiwan.

Laga ini merupakan kali ketiga selama Januari 2021 ketika kedua pemain ini bertemu pada partai final, setelah terjadi di Yonex Thailand Open (Minggu, 17 Januari 2021) dan Toyota Thailand Open (Minggu, 24 Januari 2021).

Seperti Indonesia, tuan rumah Thailand juga berhasil meloloskan satu wakil ke partai puncak. Mereka adalah pasangan ganda putri Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Juara Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open ini akan berebut gelar dengan Seo Seung Jae/Chae Yujung dari Korea Selatan.