Terancam Buta, Pemain Denmark yang Terluka di Thailand Mundur dari Kejuaraan Eropa

Sabtu, 13 Februari 2021 16:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pemain ganda putri Denmark, Sara Thygesen, terpaksa mundur dari Kejuaraan Eropa 2021 lantaran kondisi matanya yang terluka terkena shuttlecock di Thailand pada Januari lalu.

Ajang bulutangkis Kejuaraan Campuran Eropa 2021 dijadwalkan mulai bergulir pada hari Selasa (16/02/21) dan berakhir pada 20 Februari 2021 pekan depan.

Sayang sekali, turnamen ini tidak bisa diikuti oleh Sara Thygesen untuk tim campuran mewakil negaranya. Hal ini dikarenakan risiko penglihatan yang buruk selama sisa hidupnya.

Kabar buruk ini juga dikonfirmasi oleh Asosiasi Badminton Denmark dalam siaran persnya, seperti dilansir dari Sport.tv2.dk pada hari Jumat (12/02/21) kemarin.

Menurut siaran pers, Thygesen berisiko mengalami pembekuan darah di matanya bila dia menggunakannya secara berlebihan pada aktivitas dengan ritme tinggi.

“Saya sangat ingin berpartisipasi dalam Kejuaraan Campuran Eropa dan mewakili Denmark. Ini turnamen yang besar dan  tim yang keran untuk bermain. Tapi saya khawatir dengan kondisi penglihatan saya,”kata Thygesen.

Cedera mata itu sendiri didapat Thygesen saat dia bertanding di babak 32 besar Toyota Thailand Open 2021. Saat itu, Sara Thygesen, yang berpasangan dengan Maiken Fruergaard hanya mampu bermain satu gim saja melawan pasangan Korea Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Menjelang akhir gim pertama yakni saat posisi skor 19-16, mata Sara terluka karena terkena smash dari lawannya. Smash keras dari Kim So-yeong tidak sengaja menyasar ke arah mata kiri Thygesen.

Sontak Sara Thygesen pun langsung tersungkur sambil memegang matanya.  Tak lama kemudian, Sara mendapat perawatan dari tim medis yang sudah bersiap di pinggir lapangan.

Sara Thygesen sudah absen di ajang Kejuaraan Eropa untuk tim campuran pada 2019 silam lantaran mengalami cedera lutut. Namun, pada dua edisi sebelumnya 2015 dan 2017, dia membantu memenangkan emas untuk negaranya.

Sayangnya, Denmark tidak memberikan kompensasi untuk dirinya tampil dengan kondisi matanya yang buruk.

Denmark berada di grup penyisihan bersama Skotlandia, Jerman, dan Finlandia. Pertandingan perdana akan dimainkan melawan Finlandia pada hari Selasa (16/02/21) pukul 6 sore waktu Denmark.