Satu-satunya Pebulutangkis yang Juara Dunia dengan Dua Negara Berbeda

Kamis, 13 Mei 2021 17:48 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
© Stephen Pond - PA Images via Getty Images
Tony Gunawan, satu-satu eks pebulutangkis yang pernah meraih gelar Juara Dunia di dua negara berbeda, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Copyright: © Stephen Pond - PA Images via Getty Images
Tony Gunawan, satu-satu eks pebulutangkis yang pernah meraih gelar Juara Dunia di dua negara berbeda, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Tony Gunawan, satu-satu eks pebulutangkis yang pernah meraih gelar Juara Dunia di dua negara berbeda, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.

Tony Gunawan merupakan salah satu bakat terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Eks pebulutangkis kelahiran Surabaya, 9 April 1975, tersebut diketahui memiliki darah keturunan campuran China dan Indonesia.

Ketika usianya menginjak remaja, bakat Tony Gunawan makin terasah dan mampu menjadi salah satu pebulutangkis ganda putra terbaik di Indonesia.

Tony Gunawan sempat berpasangan dengan beberapa pebulutangkis Tanah Air, seperti Candra Wijaya dan Halim Haryanto, yang melahirkan banyak prestasi Indonesia di kompetisi internasional.

Tercatat dirinya mampu menyumbangkan berbagai gelar bergengsi ketika menjalani duet dengan rekan se-Tanah Air, seperti medali emas Olimpiade Sydney 2000, All England 1999, World Grand Prix Championship (1999 dan 2000) dan masih banyak lagi.

Tony Gunawan rupanya juga sempat menyabet juara dunia pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2001 di Spanyol, berpasangan dengan Halim Haryanto, dirinya sukses mengalahkan wakil Korea Selatan, Ha Tae-kwon/Kim Dong-moon dengan skor 15-0, 15-3.

Setelah meraih gelar Juara Dunia 2001 di bawah bendera Indonesia, setahun berikutnya, Tony Gunawan memutuskan pindah ke Amerika Serikat, dan menjadi warga negara Negeri Paman SAM.

Alasan Juara Dunia tersebut memutuskan pindah kewarganegaraan adalah karena faktor kesejahteraan yang lebih mendukung di negara maju itu. Selain itu, Tony juga ingin melanjutkan pendidikanya, meskipun akhirnya tetap tidak isa berpaling dari bulutangkis.

Berpaling ke Negeri Paman Sam, prestasi Tony Gunawan malah semakin menggila. Ia justru berhasil menyabet gelar Juara Dunia untuk kedua kalinya dengan partnernya yang baru, dan menjadi satu-satunya peulutangkis yang bisa meraih gelar ini di bawah 2 bendera yang berbeda.

Di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2005 yang diselenggarakan di Amerika Serikat, Tony Gunawan harus menghadapi rekan seperjuangannya terdahulu asal Indonesia yang berhasil mencapai final ajang bergengsi ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%