5 Kuda Hitam yang Wajib Diwaspadai Ganda Putra Indonesia di Olimpiade 2020

Jumat, 25 Juni 2021 20:34 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT
Berikut ini 5 ganda putra yang jadi kuda hitam Olimpiade 2020 dan patut diwaspadai Kevin Sanjaya/Marcus Gideon serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Copyright: © INDOSPORT
Berikut ini 5 ganda putra yang jadi kuda hitam Olimpiade 2020 dan patut diwaspadai Kevin Sanjaya/Marcus Gideon serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

INDOSPORT.COM – Berikut ini 5 ganda putra yang jadi kuda hitam Olimpiade 2020 dan patut diwaspadai Kevin Sanjaya/Marcus Gideon serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sempat tertunda karena Covid-19, Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus  nanti. Salah satu cabang yang akan dilangsungkan adalah bulutangkis, yang dilangsungkan 24 Juli-3 Agustus di Musashino Forest Sport Plaza.

BWF selaku induk bulutangkis dunia telah mengakhiri kualifikasi untuk Euro 2020. Indonesia sendiri akan berhasil meloloskan total 7 wakil yang akan turun di 5 nomor.

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), dan Praveen Jordan/Melati Daeva (ganda campuran).

Dari nama-nama tersebut, ganda putra menjadi nomor yang paling diunggulkan meraih medali emas.

Pasalnya, Kevin Sanjaya/Marcus Gideo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menempati posisi 1 dan 2 dalam daftar kualifikasi alias Race to Tokyo. Secara peringkat dunia pun mereka menempati posisi yang sama.

Nomor ganda sendiri akan diikuti oleh 16 pasangan, dengan tiap negara maksimal mengirimkan 2 wakil. Selain Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra, pasangan lain yang juga jadi favorit adalah Li Jun Hui/Liu Yu Chen dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe serta Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Meski demikian, dilansir situs resmi BWF, ada sejumlah pasangan lain yang berpotensi menjadi kuda hitam dan tampil mengejutkan di Olimpiade 2020 nanti. Siapa saja? Berikut ini ulasannya:

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dikenal sebagai ganda yang cepat dan punya kemampuan yang baik, dengan Shetty piawai bermain di depan net sedangkan Rankireddy punya smes yang kuat.

Sukses menembus semifinal Thailand Open dan Swiss Open menunjukkan mereka sudah menemukan sentuhan terbaik musim ini. Dilatih oleh Mathias Boe, ganda India ini patut diwaspadai.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Sejak menembus final All England 2019 yang melesatkan nama mereka, Aaron Chia/Soh Wooi Yik menunjukkan performa yang naik turun.

Namun, ketika dalam performa yang baik Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi salah satu ganda yang sulit dihentikan. Meski demikian, Kevin/Marcus punya rekor bagus terhadap ganda Malaysia ini.