Negara Paling Bahagia di Dunia Gantikan China Jadi Host Piala Sudirman 2021

Minggu, 4 Juli 2021 03:45 WIB
Editor: Juni Adi
© BWF
Ironi Indonesia dan Piala Sudirman, lahir di Jakarta, besar di tanah asing. Foto: BWF Copyright: © BWF
Ironi Indonesia dan Piala Sudirman, lahir di Jakarta, besar di tanah asing. Foto: BWF

INDOSPORT.COM - Federasi bulutangkis dunia, BWF, baru-baru ini mengumumkan pergantian tuan rumah untuk turnamen Piala Sudirman 2021 yang rencananya akan digelar pada 26 September hingga 03 Oktober mendatang.

Awalnya Piala Sudirman 2021 akan diselenggarakan di China. Namun karena adanya pembatasan Covid-19 membuat BWF memindahkan lokasi.

BWF menilai tidak memungkinkan untuk memutar kompetisi di China pada tahun ini di tengah berbagai pembatasan di sana.

Sebagai gantinya, kota Vantaa di Finlandia, ditunjuk BWF untuk menggantikan China menggelar Piala Sudirman 2021. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) BWF, Thomas Lund mengatakan perubahan tersebut terpaksa dilakukan demi mengoptimalkan eksistensi olahraga bulutangkis di tengah situasi dunia yang dilanda pandemi, dan juga menjaga keberlangsungan hidup para atlet.

“Eropa dinilai wilayah yang lebih layak mengadakan turnamen saat ini karena memiliki cakupan vaksinasi yang lebih tinggi serta aturan pembatasan perjalanan yang lebih sedikit,” kata Lund dikutip dari laman resmi BWF.

“Finlandia telah menyelenggarakan turnamen internasional pada 2020 dan 2021 dengan rencana pelaksanaan yang terbukti aman dan fleksibel bagi para peserta," sambungnya.

"Dan kami sangat gembira bisa menggelar turnamen bulu tangkis beregu campuran paling bergengsi di dunia ini ke Finlandia untuk pertama kalinya," tukasnya.