Sigit Budiarto Desak Indonesia Segera Cari Penerus Marcus Gideon

Jumat, 16 Juli 2021 14:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© badmintonindonesia.org
Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon Copyright: © badmintonindonesia.org
Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon, sudah semakin menua. Legenda Sigit Budiarto mendesak agar segera dicarikan penerus untuk mendampingi Kevin Sanjaya.

Seperti diketahui, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya sejauh ini masih menjadi andalan  ganda putra di tanah air mengingat peringkat mereka nomor satu dunia pada ranking BWF.

Pasangan ini begitu mendominasi sektor ganda putra lewat  berbagai gelar bergengsi yang sudah mereka raih sejauh ini, termasuk dua kali All England Open dan medali emas Asian Games 2018.

Dominasi pasangan berjuluk The Minions ini diprediksi masih akan berlanjut hingga 2-3 tahun ke depan. Namun, legenda ganda putra Indonesia Sigit Budiarto mengingatkan bahwa Marcus sudah mulai menua.

Artinya, Sigit tidak ingin Indonesia terus menaruh harapan kepada Marcus/Kevin, sementara lupa meregenerasi sektor ganda putra dan menyiapkan sosok pengganti Marcus kelak untuk mendampingi Kevin.

“Harapan saya secepatnya bisa menyusul untuk mendampingi Kevin/Gideon. Gideon kalau dilihat tidak bisa terlalu lama lagi, tiga tahun ke depan mungkin, ya…sudah faktor alam,” ujar Sigit dalam acara “TekTokan ala Butet” bersama Liliyana Natsir lewat kanal YouTube PB Djarum.

“Ini (Marcus menua) mesti cepet diganti, harus ada pemain yang akan mendampingi kevin atau yang melapisi,” lanjut Sigit yang kini menjadi pelatih di klub PB Djarum.

Sigit Budiarto lantas menurutkan Indonesia sebenarnya beruntung bisa memiliki Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang masih mampu mengimbangi Marcus/Kevin.

Akan tetapi perlu ada pasangan ganda putra lainnya yang disiapkan untuk mengalahkan lawan-lawan di fase-fase awal turnamen.

“Kalau kita mengandalkan satu (wakil) saja buat lawan semuanya sulit. Kompetisi banyak sekarang,” tandasnya.