Andil Orang Indonesia di Balik Kelahiran Pebulutangkis Top Chinese Taipei

Selasa, 10 Agustus 2021 12:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PB Djarum
Victo Wibowo berbincang dengan Yuni Kartika di kanal Youtube PB Djarum. Copyright: © PB Djarum
Victo Wibowo berbincang dengan Yuni Kartika di kanal Youtube PB Djarum.

INDOSPORT.COM - Ternyata ada peran orang Indonesia di balik kesuksesan Chinese Taipei melahirkan para pebulutangkis berbakat, mulai dari Lee Yang/Wang Chi-lin, Chou Tien-chen, hingga Tai Tzu-ying.

Ada pun sosok yang dimaksud ialah Victo Wibowo, mantan pebulutangkis nasional dan rekan duet Tony Gunawan sekaligus jebolan klub PB Djarum.

Victo memilih untuk melanjutkan pendidikan di National Taipei Sport University (NTSU). Dia melihat peluang untuk melatih bulutangkis di tingkat sekolah menengah.

Dalam tayangan Youtube PB Djarum, Victo menceritakan perjuangannya untuk menjadi pelatih bulutangkis ketika cabang olahraga ini belum begitu dilirik di negara Chinese Taipei.

"Tahun 2002 saya mulai ke Keelung High School ini, kebetulan mereka belum ada ekstrakurikuler badminton, tapi saya rasa sarananya cukup, ada lapangan bulutangkis," ucap Victo Wibowo.

"Awalnya hanya delapan pemain, waktu itu sekolah saya belum ada nama, masih nggak ada yang mau datang. Saya mendekati orang tua, kalau ada pemain yang berbakat," katanya.