Terkuak! Alasan PBSI Tak Gelar Perayaan HUT RI ke-76

Rabu, 18 Agustus 2021 10:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Badminton Indonesia
Wakil Sekjen PP PBSI, Edi Sukarno. Copyright: © Badminton Indonesia
Wakil Sekjen PP PBSI, Edi Sukarno.

INDOSPORT.COM - Masih teringat meriahnya perayaan HUT RI ke-75 di Pelatnas PBSI, tahun lalu. Panitia menggelar banyak lomba untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan.

Namun kini, Pelatnas PBSI terlihat sepi dari hiruk pikuk kemerdekaan. Para atlet memilih untuk tidak lagi menggelar upacara bendera maupun peringatan seperti lomba-lomba.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Sekjen PP PBSI, Edi Sukarno. Menurutnya, Pelatnas kini tidak bisa menggelar upacara bendera karena harus menjaga kondisi atlet agar tetap terhindar dari virus Corona.

"Setelah berkonsultasi dengan ketua umum, ketua harian dan rekan-rekan yang lain, maka tahun ini kami memutuskan untuk tidak menggelar upacara peringatan HUT RI."

"Ini sesuai dengan arahan pemerintah untuk tidak membuat kerumunan dalam rangka perjuangan keluar dari pandemi Covid-19, juga karena PPKM yang diperpanjang."

Meski demikian, Anthony Sinisuka Ginting dkk diminta untuk tetap mengikuti upacara bendera secara virtual, yang diadakan oleh Kepresidenan Indonesia di Istana Negara.

"Tapi kami sudah menginstruksikan kepada seluruh elemen yang ada di Pelatnas PBSI, baik itu pemain, pelatih, pengurus maupun karyawan untuk tetap mengikuti upacara di Istana Negara melalui virtual," lanjut Edi.

Bahkan, tepat saat detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia, seluruh pemain, pelatih dan staf di Pelatnas PBSI juga turut menghentikan kegiatan sejenak.