Piala Sudirman 2021: Mario Santoso, Pelatih Indonesia yang Poles Bakat Tim Kanada

Kamis, 30 September 2021 16:20 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© mandarinbadminton.com
Mario Santoso, Pelatih Indonesia yang Poles Bakat Timnas Kanada Copyright: © mandarinbadminton.com
Mario Santoso, Pelatih Indonesia yang Poles Bakat Timnas Kanada

INDOSPORT.COM – Mengenal profil Mario Santoso, sang pelatih asal Indonesia yang berhasil memoles bakat skuat Kanada di ajang Piala Sudirman 2021.

Nama Mario Santoso belakangan memang menjadi tenar terutama sepanjang gelaran Piala Sudirman 2021.

Sebab, pelatih jebolan Djarum Badminton Club Bandung tersebut merupakan sosok yang memoles bakat Brian Yang, tunggal putra ranking 43 dunia milik Kanada.

Pada penyisihan grup Piala Sudirman 2021 beberapa waktu lalu, Brian Yang sukses kejutkan para pecinta bulutangkis Tanah Air dengan mengalahkan pemilik ranking tujuh dunia asal Indonesia, Jonatan Christie.

Dalam pertandingan yang digelar pada Senin (27/09/21) malam WIB tersebut, Brian menang lewat permainan rubber set dengan skor 9-21, 22-20, dan 21-18. 

Bahkan, kekalahan ini sampai membuat Jojo, sapaan akrab Jonatan, mengakui ketangguhan Brian. Menurutnya, Brian punya keunggulan dalam permainan cepat. 

"Seharusnya saya tidak perlu mengubah strategi dengan bermain cepat yang menjadi kesukaan Brian. Sebagai pemain, dia punya track record yang juga tidak jelek," kata Jojo dalam keterangan pers PBSI.

Sementara Brian Yang, dalam salah satu wawancaranya mengakui bahwa selama ini Mario Santoso yang melatih dirinya termasuk saat mengalahkan Jonatan Christie.

© fortmcmurraytoday
Brian Yang. Copyright: fortmcmurraytodayBrian Yang, tunggal putra Kanada

“Pelatih saya adalah Mario Santoso. Saya berlatih di Mandarin Badminton,” tutur Brian Yang lewat laman resmi BWF, Jumat (11/06/21) lalu.

Meski baru berusia 19 tahun, namun prestasi dan pencapaian Brian Yang di dunia bulutangkis terbilang cukup impresif.

Beberapa prestasi gemilang yang pernah diraih Brian Yang antara lain adalah medali emas ajang Pan Am Championships hingga Youth Olympic Games.

Selain itu, di fase grup Olimpiade Tokyo 2020 lalu Brian Yang nyaris mengalahkan Chou Tien Chen, tunggal putra ranking empat dunia.

Berbekal sederet prestasi yang diraih Brian Yang tersebut, sontak membuat nama Mario Santoso kian dikenal dan jadi pusat perhatian terutama pecinta bulutangkis Tanah Air.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, profil Mario Santoso sang pelatih asal Indonesia yang berhasil poles bakat bulutangkis Timnas Kanada: