5 Fakta Kekalahan Indonesia vs Malaysia di Piala Sudirman: Gregoria Perpanjang Rekor

Sabtu, 2 Oktober 2021 10:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Gettyimages
Deretan Fakta Usai Kekalahan Indonesia dari Malaysia di Piala Sudirman. Copyright: © Gettyimages
Deretan Fakta Usai Kekalahan Indonesia dari Malaysia di Piala Sudirman.

INDOSPORT.COM – Berikut ini deretan fakta usai kekalahan tim bulutangkis Indonesia dari Malaysia di babak perempat final Piala Sudirman 2021, Jumat (01/10/21) malam WIB.

Langkah Indonesia terhenti di babak perempat final Piala Sudirman 2021 setelah dipaksa untuk menyerah atas Malaysia dalam laga sengit yang berakhir dengan skor 3-2.

Indonesia tertinggal lebih dulu 1-0 dari Malaysia setelah ganda putranya, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, menyerah dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam permainan straight game 21-12, 21-15.

Gregoria Mariska Tunjung sempat menyamakan kedudukan usai mengalahkan S. Kisona, namun tim Merah Putih kembali tertinggal 1-2 ketika Anthony Sinisuka Ginting dikalahkan Lee Zii Jia.

Asa Indonesia sempat menyala setelah ganda putri andalan peraih emas Olimpiade 2020 Tokyo, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Namun sayang, sedekah poin yang diberikan oleh Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti membuat mimpi Indonesia untuk melaju ke babak semi final terkubur dalam-dalam.

Bermain sengit hingga rubber set, Praveen/melati harus mengakui keunggulan ganda campuran Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See, dengan skor 21/19, 9-21, 21-16.

Dengan hasil ini, Indonesia pun tersingkir dan gagal mewujudkan misi membawa pulang trofi Piala Sudirman pertama sejak 1989.

Adapun Malaysia bakal berhadapan lagi dengan Jepang, yang mana sebelumnya kedua negara bergabung di dalam grup yang sama.

Kegagalan Indonesia melaju ke babak semifinal Piala Sudirman 2021 ini ternyata menciptakan deretan fakta menarik di salah satu pergelaran bulutangkis elite dunia ini, melansir dari akun Twitter Badminton_Talk.

- Ini merupakan ketiga kalinya dalam sejarah Piala Sudirman, Indonesia tidak mampu membawa pulang medali.

Terakhir kali Indonesia gagal meraih medali di Piala Sudirman adalah di edisi tahun 2017 silam.

Indonesia pertama kali gagal meraih medali di Piala Sudirman pada edisi 2013 silam. Kala itu, Indonesia harus menyerah dengan skor 2-3 atas China di babak perempat final.

Kegagalan kedua terjadi di Piala Sudirman 2017. Indonesia harus menyerah di babak penyisihan grup dan dibantai India dengan skor telak 1-4.