Kejutan di HYLO Open 2021, Tunggal Putri Turki Tumbangkan Juara Bertahan

Rabu, 3 November 2021 10:36 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© gettyimages
Pebulutangkis asal Turki, Aliye Demirbag mengalahkan juara bertahan HYLO Open Kirsty Gilmour di babak 32 besar, Selasa (31/11/21). Copyright: © gettyimages
Pebulutangkis asal Turki, Aliye Demirbag mengalahkan juara bertahan HYLO Open Kirsty Gilmour di babak 32 besar, Selasa (31/11/21).

INDOSPORT.COM – Juara bertahan Kirsty Gilmour tersingkir di babak 32 besar HYLO Open 2021 usai dikandaskan oleh penampilan agresif tunggal putri Turki, Aliye Demirbag.

Pada putaran pertama di Saarbrucken, Jerman, Selasa (02/11/21), tunggal putri peringkat 19 dunia itu secara mengejutkan disingkirkan wakil Turki Aliye Demirbag dengan skor 21-19 dan 21-15.

Kekalahan itu memupus harapan Kirsty Gilmour untuk kembali juara di turnamen yang sebelumnya berkategori BWF World Tour Super 100 dengan nama SaarLorLux oOpen.

Sebaliknya, ini adalah pencapaian yang baik bagi Aliye Demirbag yang pernah memenangkan medali perunggu Kejuaraan Dunia Junior tahun 2015.

Pada babak 32 besar HYLO Open 2021 kemarin, Aliye Demirbag mampu mengejar 10 defisit poin di set pertama hingga berakhir pada kemenangan 21-19 untuknya.

Kirsty Gilmour yang mulai kehilangan fokus pada akhirnya dimanfaatkan Aliye Demirbag untuk memenangkan pertandingan pada malam itu.

Selepas pertandingan, Kirsty Gilmour yang mencapai semifinal Denmark Open 2021 dua minggu lalu menggambarkan perasaan kecewanya.

“Meskipun menjadi juara bertahan, saya tidak memiliki perasaan yang baik di pertandingan ini. Levelnya lebih tinggi tahun ini,” ucap Kristy Gilmour melansir Badminton Europe.

“ bukan untuk membuat alasan,  tapi itu bukan penampilan terbaik saya.  Saya bermain buruk, dan Aliye bermain bagus. Dia sangat agresif,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kirsty Gilmour mengaku bahwa kelelahan fisik berpengaruh pada mental dan fokus. Karena seperti diketahui, turnamen panjang memaksa sejumlah pemain untuk tampil back to back yang menguras fisik.

“Ya, sedikit lelah tapi itu bukan alasan alasan untuk (kekalahan) hari ini. Saya berharap diri saya terus maju dan memenangkan pertandingan itu,"

"(Kekalahan) ini lebih disebabkan karena mental saya yang sudah drop, dan saya perlu bicarakan dengan baik kepada pelatih,” ucap Kirsty Gilmour.