Staf Ungkap Borok PBSI-nya India yang Bikin Agus Dwi Santoso hingga Mulyo Handoyo Tak Betah

Selasa, 23 November 2021 14:18 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Staf Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) mengutarkan hal krusial yang menyebabkan pelatih asing, termasuk Mulyo Handoyo, Flandy Limpele, hingga Agus Dwi Santoso tak bertahan lama. 

Agus Dwi Santoso resmi mengundurkan diri dari Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) per 29 Oktober 2021, satu bulan sebelum kontraknya berakhir.

Pelatih asal Indonesia itu mengaku alasan keluarga yang menyebabkan mundur lebih cepat dari kontraknya.

"Agus mengajukan pengunduran diri pada 29 Oktober dan menyatakan keinginannya untuk kembali ke Indonesia demi berkumpul dengan keluarganya," ujar Ajay K Singhania, sekjen BAI. 

Dilansir dari India Times, beberapa pekan usai berpisah dengan BAI, Agus Dwi Santoso dikabarkan mendapat tawaran kembali dari tim bulutangkis Thailand.

Hal yang perlu digarisbawahi, kepergian Agus Dwi Santoso menambah catatan panjang pelatih asing yang tidak betah bekerja dengan Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI). 

Ya, Agus menjadi pelatih asing kelima yang hengkang dari tim bulutangkis India setelah Mulyo Handoyo, Flandy Limpele, Kim Tan Her, dan Kim Ji Hyun. 

Flandy Limpele yang pernah menangani pasangan ganda putra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menyebut sikap pemain India membuanya kecewa. 

Kemudian, Kim yang bergabung dengan India pada Maret 2019 dan berpisah September 2019 mengaku alasan kesehatan suami membuatnya harus pulang ke kampung halaman, meski akhirnya melatih sebuah klub.