Sakit hingga Tak Bisa Bangun dari Kasur, Gabi Stoeva Mundur dari BWF World Tour Finals

Sabtu, 4 Desember 2021 15:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva, ganda putri asal Bulgaria. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva, ganda putri asal Bulgaria.

INDOSPORT.COM - Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva, ganda putri Bulgaria, harus memupuskan harapan untuk maju ke final BWF World Tour Finals 2021. Pasalnya, mereka memutuskan mundur jelang berlaga di babak semifinal.

Keputusan ini diambil lantaran Gabriela mengalami sakit pada Sabtu, 4 Desember 2021 pagi hari ini. Atlet 27 tahun ini mengaku sampai tidak bisa bangun dari tempat tidurnya.

Pemain dengan sapaan akrab Gabi ini pun langsung berdiskusi dengan Stefani, pasangan main yang juga sekaligus saudara kandungnya, serta pelatih dan dokternya.

Setelah berdiskusi, keputusan bulat pun diambil. Pasangan ranking 11 dunia ini memutuskan untuk mundur sebelum bertanding di semifinal melawan Kim So-yeong/Kong Hee-yong, wakil Korea Selatan.

Dengan begitu, Kim/Kong otomatis lolos ke partai final dan akan bertemu Nami Matsuyama/Chiharu Shida, wakil Jepang, usai menyingkirkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, wakil Indonesia, di babak empat besar.

Kekecewaan ini lantas diungkapkan Gabriela lewat akun Instagram pribadinya, @gabistoeva. Dalam unggahan tersebut, Gabi menceritakan kronologi cederanya itu.

Menurutnya, cedera ini berawal saat Gabriela/Stefani bermain Nami/Chiharu di Grup B pada Jumat, 3 Desember 2021 kemarin.

Saat itu, Gabi memang sempat meminta jeda istirahat untuk membutuhkan bantuan medis. Setelah punggungnya mendapat perawatan, mereka kembali bermain. 

"Saya sangat kecewa karena kami harus tersingkir di semifinal BWF World Tour Finals. Kemarin saat kami melawan Jepang, saya merasakan sakit di punggung saya, tetapi saya pergi ke lapangan untuk menyelesaikan pertandingan terakhir di dalam grup," tulis Gabi.

"Setelahnya, saya merasa sangat sakit di sepanjang hari. Saya sulit untuk bergerak atau berdiri dari tempat tidur. Saya pikir hari ini kondisi saya bisa membaik hari ini, tetapi nyatanya tidak."

"Saya berbicara dengan saudara perempuan saya, pelatih, dan dokter di sini. Akhirnya kami memutuskan untuk tidak bermain hari ini."