In-depth

Profil Bilqis Prasista, Si 'Pembunuh' Raksasa Akane Yamaguchi Berjiwa Tenang

Rabu, 11 Mei 2022 13:01 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Nama Bilqis Prasista menjadi perbincangan setelah ia mengalahkan pebulutangkis asal Jepang, Akane Yamaguchi di lanjutan Piala Uber 2022.

Tim putri Indonesia untuk Piala Uber 2022 kembali bertanding melawan Jepang, untuk menentukan juara Grup A di Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada Rabu (11/05/22) pagi WIB.

Partai pertama dibuka antara Bilqis Prasista melawan unggulan nomor satu dunia, Akane Yamaguchi. Meski sama-sama sudah lolos ke babak perempatfinal, namun keduanya tampil penuh dengan persaingan.

Bilqis Prasista mengawali gim pertama dengan mulus, karena dirinya mampu meraih poin demi poin hingga kedudukan 4-0. 

Sayang, sedang berada di atas angin tapi Bilqis Prasista melakukan kesalahan, usai gagal mengembalikan shuttlecock dekat net, yang membuahkan poin pertama untuk Akane Yamaguchi.

Akane Yamaguchi perlahan mulai bangkit dan menyusul poin Bilqis Prasista menjadi 6-6. Bilqis Prasista lantas coba keluar dari tekanan, dan unggul lagi, tapi kesalahan bola out membuat Akane mengejarnya.

Akane Yamaguchi kemudian berbalik unggul dan menutup interval gim pertama dengan skor 11-9, berlawan dari kesalahan Bilqis Prasista yang menyerobot shuttlecock di depan net tapi ternyata out.

Selepas jeda gim pertama, pertandingan kembali berlangsung sengit. Kedua pebulutangkis saling mengejar skor 11 sama, 12 sama, 13 sama, 14 sama.

Namun setelah itu Akane Yamaguchi sempat menahan Bilqis Prasista untuk tidak mengejar perolehan poinnya, dengan keunggulan dua angka 16-14.

Tapi Bilqis pantang menyerah dan terus mengejar. Skor pun imbang lagi di skor 17-17! Dengan impresif Bilqis kemudian sempat unggul pada kedudukan 19-17.

Walaupun Akane bisa menyamakan skor lagi jadi 19 sama. Namun, Bilqis Prasista pada prosesnya mampu menambah dua poin lagi untuk merebut gim pertama 21-19. 

Gim Kedua

Berlanjut di gim kedua, Yamaguchi lebih menang angin sehingga membuatnya mampu mendominasi permainan melawan Bilqis.

Bilqis sendiri nampaknya sulit keluar dari tekanan. Dirinya masih tertinggal jauh 2-6 atas Yamaguchi yang lebih berani menyerang bervariasi di gim kedua.

Perlahan-lahan, Bilqis mulai kembali ke performanya. Namun usahanya itu tetap tak mampu ketinggalan kedudukan saat Yamaguchi mengamankan interval kedua unggul 6-11.

Usai jeda, Yamaguchi lebih mempercepat tempo permainan. Pukulan-pukulannya membuat Billqis sempat lari pontang-panting mengejar bola.

Bilqis mampu meraih tiga angka beruntun berkat hentakan pukulannya yang sulit diprediksi Yamaguchi.

Yamaguchi nampaknya kehilangan fokus. Pukulannya yang terlalu power ternyata malah memberi keuntungan Bilqis untuk menyamakan kedudukan menjadi 13-13.

Netting menyilang yang gagal dikembalikan Bilqis membuatnya berbalik unggul, namun Yamaguchi tak membiarkan hal ini terjadi begitu lama saat dia melakukan serangan netting.

Dalam posisi tertinggal, Bilqis memamerkan pukulan pukulan lop-nya yang mengejutkan Akane. Dia kembali menyamakan kedudukan 17-17 sebelum berbalik unggul.

Reli panjang dengan terjadi, dengan Bilqis tampak tak bisa mengimbangi keuletan Akane Yamaguchi. Laga pun semakin memanas karena kedudukan kembali sama kuat 18-18.

Smash bola tanggung dimanfaatkan Bilqis untuk berbalik unggul. Pukulan Akane keluar memastikan Bilqis meraih gimpoin.

Sayangnya, pukulan lopnya keluar lapangan memberi nafas bagi Yamaguchi. Pukulan nettingnya membuat Akane terpaku dan Biliqis memastikan kemenangan di gim kedua dengan skor 21-19.

Keberhasilan Bilqis Prasista menumbangkan tunggal putri nomor satu dunia Akane Yamaguchi.

Membuat Indonesia unggul 1-0 atas Jepang, dan juga namanya langsung menjadi trending topic dielu-elukan oleh publik Tanah Air. Seperti apa profilnya?