Bulutangkis SEA Games 2021: Kewalahan Hadapi Pasangan Filipina, Rinov/Pitha Petik Pelajaran Berharga

Jumat, 20 Mei 2022 07:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas memetik pelajaran penting usai menang dengan susah payah melawan pasangan Filipina, Alvin Morada/Thea Marie Pomar, di SEA Games. Copyright: © PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas memetik pelajaran penting usai menang dengan susah payah melawan pasangan Filipina, Alvin Morada/Thea Marie Pomar, di SEA Games.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mengaku memetik pelajaran penting usai menang dengan susah payah melawan pasangan Filipina, Alvin Morada/Thea Marie Pomar di SEA Games Vietnam 2021.

Berstatus unggulan pertama, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, berhasil mengamankan satu tiket ke babak perempat final ajang bulutangkis SEA Games edisi ke-31. Tiket itu sendiri dicapai dengan tidak mudah.

Pasalnya, mereka harus melalui pertarungan tiga set yang melelahkan sebelum menang atas Morada/Pomar dengan skor akhir 21-15, 19-21, 21-15, di Bac Giang Gymnasium Kamis (19/05/22).

Rinov/Pitha mengakui bahwa lawannya memiliki kualitas yang cukup baik. Bahkan, pasangan non unggulan tersebut bisa mengimbangi ketika Rinov/Pitha mengubah tempo permainan.

“Dari awal memang kita sudah antisipasi karena memang pasangan Filipina ini lumayan bagus mainnya,” tukas Rinov dinukil dari rilis PBSI yang diterima INDOSPORT.

“Di gim kedua itu kita agak menurunkan tempo. Setelah unggul lalu disamakan dan berbalik, kita jadi kurang lepas mainnya. Padahal kalau main normal harusnya bisa mengimbangi dan tidak harus bermain rubber,” sambung Pitha.

Pertandingan itu sendiri memberi pelajaran penting bagi ganda campuran penghuni Pelatnas Cipayung tersebut. Mereka memastikan akan bermain lebih lepas dan meningkatkan fokus pada babak berikutnya di SEA Games kali ini.

“Untuk besok yang pasti fokusnya harus ditingkatkan lagi. Ketika masuk lapangan harus langsung in dengan pola yang mau kita mainkan,” ucap Pitha.

“Walau main pertama kali, kita sudah banyak ikut pertandingan. Jadi tidak ada beban. Unggulan satu juga tidak membebani kita,” sahut Rinov.