Ganda Putri Indonesia Makin Bergeliat, Greysia Polii: Coach Eng Hian Memang Jago!

Selasa, 12 Juli 2022 14:23 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia
Greysia Polii/Apriyani Rahayu, peraih mendali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © NOC Indonesia
Greysia Polii/Apriyani Rahayu, peraih mendali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Nama pelatih Eng Hian baru-baru ini hangat dibicarakan. Hal itu tak lepas dari kemampuan hebatnya yang sangat dikagumi oleh legenda bulutangkis Indonesia, Greysia Polii.

Eng Hian tentu bukanlah sosok yang asing bagi para pecinta bulutangkis Tanah Air. Namanya kerap dibicarakan sejalan dengan kemampuannya.

Perlu diketahui bahwa pelatih Eng Hian merupakan sosok di balik kesuksesan ganda putri Singapura, Shinta Mulia Sari/Yao Lei ketika berhasil menjadi juara di Singapore Open 2010.

Fakta itu pun terungkap setelah Greysia Polii mengutip unggahan Twitter @bwfmedia, ketika mereka mengunggah kemenangan Shinta Mulia Sari/Yao Lei di Singapore Open 2010 lalu.

Melalui unggahan dari @bwfmedia, mereka menyebautkan bahwa wakil Singapura itu berhasil mengejutkan unggulan kelima Kim Min Jung/Lee Hyo Jung.

Kemenangan 2010 itu merupakan perolehan medali emas terakhir yang mampu diberikan oleh wakil tuan rumah di Singapore Open.

Oleh karena itu, nama pelatih Eng Hian dianggap sebagai sosok pelatih bersejarah bagi bulutangkis Singapore, secara khusus ketika menangani pasangan ganda putri.

Pria berusia 45 tahun itu lahir di Surakarta, dan memulai merintis karier di cabang olahraga bulutangkis sejak 2006.

Kemudian pada 2007 hingga 2013 ia menjajakan perjalanan ke luar negeri untuk melatih Timnas Bulutangkis Singapura.

Memasuki 2014, ia mendapatkan tawaran untuk melatih tim Ganda Putri Indonesia. Namun, kembalinya ke Indonesia rupanya ada pengaruh dari Greysia Polii.