Sedang Dihukum Karena Kontroversi, Shi Yuqi Langsung Comeback di Kejuaraan Dunia 2022

Rabu, 20 Juli 2022 03:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Shi Tang/Getty Images
Hiatus hampir setahun karena kontroversi berujung saksi dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA), tunggal putra Shi Yuqi bakal comeback di Kejuaraan Dunia 2022. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Hiatus hampir setahun karena kontroversi berujung saksi dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA), tunggal putra Shi Yuqi bakal comeback di Kejuaraan Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Hiatus hampir setahun karena kontroversi berujung saksi dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA), tunggal putra Shi Yuqi bakal comeback di Kejuaraan Dunia 2022.

Diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis bakal segera digelar pada 22-28 Agustus 2022 di Jepang.  CBA telah menerima daftar undangan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Dari atlet China yang terundang oleh BWF, termasuk tunggal putra ranking 17 dunia yang saat ini sedang kena sanksi internal, yaitu Shi Yuqi.

Ya, Shi Yuqi pada Sabtu (16/10/21) di semifinal Piala Thomas 2020 membuat keputusan kontroversial karena mundur di tengah pertandingan setelah lawannya, Kento Momota, meraih match point.

Tepatnya Shi Yuqi mundur dari pertandingan pada kedudukan 20-22, 5-20 saat berjumpa Kento Momota di babak semifinal Piala Thomas 2020.

Usai pertandingan, Shi Yuqi menyebut dirinya belum kalah secara teknis dari Kento Momota karena mundur di saat lawannya meraih match point.

Karena kejadian kontroversial yang dibuatnya tersebut, Shi Yuqi langsung dijatuhi sanksi internal  tidak boleh bertanding selama satu tahun oleh CBA.

“Kami telah menghukumnya secara internal, dengan periode skorsing satu tahun. Pada asosiasi kami, semua telah mendiskusikannya sehingga kami memberinya hukuman skorsing satu tahun,” ucap Ketua CBA, Zhang Jun.

Meski masa hukumannya belum dijalankan sepenuhnya, sempat beredar kabar bahwa Shi Yuqi sudah kembali berlatih di pelatnas bulutangkis China dan mendapatkan potongan masa sanksi.

Shi Yuqi ke pelatnas lagi usai ada kemacetan gelar tunggal putra, termasuk saat China gagal total di Piala Thomas 2022. Terbaru, Shi Yuqi bahkan dipastikan akan comeback di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.