Terseret Skandal Match Fixing saat Lawan Bagas/Fikri, Bagaimana Nasib Juara Dunia asal China ini?

Selasa, 26 Juli 2022 14:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@dizijian_2.27
Pernah dirumorkan terlibat skandal match fixing atau pengaturan skor saat lawan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri pada 2021, bagaimana kabar Di Zijian? Copyright: © Instagram@dizijian_2.27
Pernah dirumorkan terlibat skandal match fixing atau pengaturan skor saat lawan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri pada 2021, bagaimana kabar Di Zijian?

INDOSPORT.COM - Pernah dirumorkan terlibat skandal match fixing atau pengaturan skor saat lawan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri pada 2021, bagaimana kabar Di Zijian?

Sekadar informasi, sekitar Februari 2022 lalu, Juara Dunia Junior Bulutangkis 2018 asal China, Di Zijian sedang diterpa skandal match fixing.

Dilansir dari Sohu, skandal match fixing itu bergulir panas sejak pengguna Weibo yang mengaku mantan kekasih dari Di Zijian, mengumbar ‘perbuatan curang’ pebulutangkis andalan China itu.

Secara detail, pengguna Weibo itu pada Kamis (10/02/22) menyebut bahwa Di Zijian terlibat match fixing saat takluk 6-21 dan 19-21 di putaran pertama Denmark Open 2021 pada 19-24 Oktober.

Di Zijian diduga mengaku ke mantan pacar bahwa dia sengaja kehilangan set pertama atas Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri untuk mendapatkan hingga 100 renminbi (sekitar Rp225 juta).

Tangkapan layar yang diunggah pengguna Weibo itu tercatat dilakukan pada Senin (18/10/21), yang artinya satu hari menjelang babak putaran pertama Denmark Open 2021.

“Aku siap kehilangan satu set di pertandingan pertama. Aku bisa mendapatkan hingga 100p plus renmimbi. Aku akan mulai bermain dengan serius setelah itu. Jika menang, aku menang tetapi jika kalah, aku kalah,” kutip percakapan di Weibo dari seseorang yang diduga Di Zijian dengan sang mantan kekasih.

Dilansir dari laman Inf News, berita itu langsung bergulir panas, karena belum ada penjelasan dari pihak-pihak terkait sampai beberapa waktu setelah unggahan menjadi viral di China.

Namun yang pasti, sejak rumor itu beredar, Di Zijian langsung hiatus dari pertandingan. Bahkan partnernya, Wang Chang, sudah dipasangkan dengan Liang Wei Keng.

Duet Liang Wei Keng/Wang Chang bahkan sukses digadang jadi monster bulutangkis ganda masa depan China. Lantas, bagaimana kabar terbaru dari Di Zijian?