Aduh, Media China Sebut Kekuatan Ganda Putra Indonesia Sudah Mulai Pudar?

Jumat, 16 September 2022 12:01 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Media lokal China, Sohu, menyebut bahwa negaranya sudah bisa bersaing memecahkan dominasi ganda putra Indonesia selama beberapa waktu belakangan ini. Copyright: © PBSI
Media lokal China, Sohu, menyebut bahwa negaranya sudah bisa bersaing memecahkan dominasi ganda putra Indonesia selama beberapa waktu belakangan ini.

INDOSPORT.COM – Media lokal China, Sohu, menyebut bahwa negaranya sudah bisa bersaing memecahkan dominasi ganda putra Indonesia selama beberapa waktu belakangan ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa kekuatan ganda putra bulutangkis dunia saat ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu role model.

Hal itu bisa dimengerti mengingat ada tiga pasangan Indonesia yang menguasia 10 besar ranking dunia. Mereka adalah Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon (1), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (4), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6).

Belum lagi beberapa pelapis yang mampu menguasai ranking 20 besar. Mereka adalah Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan (13), Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (16), dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (17).

Sepanjang paruh 2022, ganda putra Indonesia dari berbagai umur meraih  gelar silih berganti. Akibatnya, sejumlah negara terus menyiapkan amunisi untuk segera merusak dominasi Indonesia.

Hanya saja akhir-akhir ini, ditandai dengan gelaran Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 (22-28 Agustus) dan Japan Open 2022 (30 Agustus-4 September), ganda putra Indonesia gagal melanjutkan dominasinya.

Ganda putra veteran, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bahkan harus takluk dua game atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) di final Kejuaraan Dunia.

Kemudian Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sudah mencapai tujuh final pada turnamen 2022, juga takluk dari pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang, di perempat final  Japan Open 2022.

Maka lahirnya ganda putra baru, Liang Wei Keng/Wang Chang (China) untuk Japan Open 2022, dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Media lokal China, Sohu, menyebut dalam beritanya bahwa kekuatan ganda putra Indonesia kini sudah mulai kehilangan dominasi. Selengkapnya di halaman kedua.