In-depth

Roger Federer Pensiun: 24 Tahun, 20 Grand Slam, 103 Gelar yang Menakjubkan

Jumat, 16 September 2022 16:32 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images
Dunia tenis baru saja diterpa kabar menyedihkan yakni Roger Federer pensiun dari kompetisi ATP dan Grand Slam. Foto: Clive Brunskill/Getty Images. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Dunia tenis baru saja diterpa kabar menyedihkan yakni Roger Federer pensiun dari kompetisi ATP dan Grand Slam. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Dunia tenis baru saja dihebohkan dengan kabar Roger Federer pensiun, yang ia sampaikan melalui akun media sosial, Kamis (15/09/22).

Secara spesial, petenis asal Swiss tersebut mengunggah dua jenis unggahan, tulisan dan video, yang bisa dilihat masing-masing di Twitter dan Instagram-nya.

Seperti diketahui, belakangan Roger Federer memang sibuk berkutat dengan kondisi kebugarannya yang menurun.

Bahkan, cedera sempat membekap dirinya selama kurang lebih 15 bulan sebelum comeback pada Maret 2021 lalu.

Tercatat selama periode yang tidak sebentar tersebut, ia juga telah menjalani dua kali operasi lutut kanan.

Masalah lutut ini pula yang menghambat lajunya di turnamen-turnamen besar tahun ini, termasuk Olimpiade Tokyo 2020.

Tidak ayal, rumor akan segera pensiun pun sempat pula beberapa kali menghampirinya, termasuk saat ia baru berulang tahun ke-40 pada 2021.

Namun kini desas-desus tentang Roger Federer pensiun ternyata jadi kenyataan. Dan benar saja, kondisi yang sudah tidak sebugar dulu jadi salah satu alasannya mundur dari tur ATP dan Grand Slam.

"Seperti yang kalian ketahui, selama tiga tahun terakhir saya telah berhadapan dengan tantangan berupa cedera dan operasi," katanya.

"Saya telah bekerja keras untuk kembali ke mode kompetitif, tapi saya juga tahu kapasitas dan batas tubuh saya, dan sinyal-sinyal yang diberikan kepada saya akhir-akhir ini sudah jelas,” tambahnya.