Kevin Sanjaya Harus Belajar dari Lin Dan, Konflik dengan Pelatih Dibayar Emas Olimpiade

Kamis, 29 September 2022 11:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© herry_ip
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bersama pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi. Copyright: © herry_ip
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bersama pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Kevin Sanjaya sebaiknya belajar dari kasus Lin Dan. Atlet asal China itu pernah berkonflik dengan pelatih, lalu ia meraih medali emas Olimpiade.

Nama Kevin Sanjaya Sukamuljo mendadak jadi trending topik di media sosial. Pasalnya, perseteruannya dengan pelatih Herry Iman Pierngadi akhirnya terungkap di media.

Kevin dikabarkan tidak akur dengan sang pelatih, bahkan sudah tidak pernah lagi berlatih bersama Herry IP di Pelatnas.

Menurut sudut pandang Herry IP, ia tak terima karena Kevin Sanjaya tidak datang dalam latihan, sehingga ia sudah menutup kesempatan untuk anak asuhnya tersebut.

Sementara dari sudut pandang Kevin Sanjaya, ia tak terima karena Herry IP mengkritiknya langsung di media, dan akhirnya mulai tercipta perang dingin.

Namun, itu bukanlah pemantik awal. Kevin merasa sudah sejak lama dianak-tirikan oleh sang pelatih, bahkan ia juga pernah diminta mengalah saat tahun 2016 silam.

Konflik antara atlet dan pelatih bukanlah kasus pertama. Sebelum Kevin Sanjaya, ada sosok Lin Dan yang juga pernah berseteru dengan pelatih, Ji Xinpeng, pada 2008.

Dilansir dari situs chinadaily.com.cn, Lin Dan diketahui melakukan pemukulan terhadap Ji Xinpeng di kamp pelatihan tim bulutangkis China, di provinsi Fujian pada 2008.

Lin Dan yang saat itu berstatus sebagai pebulutangkis tunggal nomor satu di dunia, nekat meninju Ji Xinpeng sebab keluhannya terhadap sang pelatih malah tidak digubris.

Rasanya, ini adalah kasus yang sedikit mirip dengan konflik Kevin Sanjaya dan Herry IP, di mana Kevin merasa dianak-tirikan oleh sang pelatih, walau sudah jadi nomor satu.