Merah Putih Berkibar di Jepang, Parabadminton Indonesia Juara Umum World Championship 2022

Senin, 7 November 2022 15:52 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© parabadminton_update
Parabadminton Indonesia Copyright: © parabadminton_update
Parabadminton Indonesia

INDOSPORT.COM - Parabadminton Indonesia sukses mengibarkan bendera merah putih di Jepang. Leani Ratri Oktila dkk. menyabet gelar juara umum dalam ajang Hulic Daihatsu Para=Badminton World Championship 2022.

NPC Indonesia memberangkatkan 13 wakil pada kejuaraan ini. Leani Ratri yang sempat absen setahun karena melahirkan sudah kembali masuk dalam skuat Indonesia.

Ternyata, Indonesia masih menjadi kekuatan di ajang parabadminton dunia. Pada partai final yang berlangsung di Yoyogi National Stadium First Gymnasium, Tokyo, Minggu (6/11/22), Indonesia menjadi yang terbaik.

Secara keseluruhan Indonesia memenangi enam nomor dalam ajang ini. Lagi-lagi, Leani Ratri langsung berkontribusi meski cukup lama harus menepi.

Leani Ratri yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah menjadi yang terbaik pada kelas ganda putri SL3-SU5. Mereka mengalahkan wakil Perancis, Lenaig Morin/Faustine Noel 21-14, 16-21 dan 21-13.

Gelar juga diraih dari kelas ganda campuran SH6 lewat pasangan Subhan/Rina Marlina. Pasangan ini mengalahkan wakil Peru, Nilton Quispe Ignacio/Carmen Giuliana Poveda Flores 21-9, 21-15.

Rina Marliana kembali menjadi juara ketika turun pada kelas tunggal putri SH6. Lagi-lagi, Rina mengalahkan Carmen Giuliana dua set langsung, 21-14, 21-14.

Catatan bagus Rina Marliana dilanjutkan pasangan ganda putri SL3-SL4, Hikmat Ramdani/Ukun Rukaendi. Secara dramatis pasangan ini menang atas wakil India, Pramod Bhagat/Manoj Sarkar dengan 14-21, 21-18, 21-13.

Kegemilangan berlanjut dari pasangan ganda putra SU-5, Dheva Anrimusthi/Hafitz Briliansyah Prawiranegara. Dheva/Hafitz menang atas wakil Malaysia, Moh Faris Ahmad/Cheak Liek Hou 21-13, 21-12.

Bukan Rina Marlina saja yang merasakan dua gelar dalam ajang ini. Khalimatus juga melakukan hal sama. Kali ini, dia berpasangan dengan Fredy Setiawan pada kelas ganda campuran SL3-SU5. Pasangan ini menang atas wakil Thailand, Siripong Teamarrom/Saensupa Napiada 21-15, 21-12.