3 Wakil Indonesia yang Paling Sering Juara BWF Finals, Susy Susanti Pegang Rekor Gila!

Minggu, 27 November 2022 11:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© AFP-IOP/AFP/Getty Images
Susy Susanti pada laga Olimpiade semifinal melawan Korea Selatan Bang Soo-Hyun pada (30 Juli 1992). Ia orang paling sering menjadi juara BWF Finals dari Indonesia. Copyright: © AFP-IOP/AFP/Getty Images
Susy Susanti pada laga Olimpiade semifinal melawan Korea Selatan Bang Soo-Hyun pada (30 Juli 1992). Ia orang paling sering menjadi juara BWF Finals dari Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah tiga wakil Indonesia yang paling sering juara di BWF World Tour Finals. Legenda tunggal putri, Susy Susanti memegang rekor teratas.

BWF World Tour Finals 2022 akan segera digelar di Bangkok, Thailand, pada 14-18 Desember 2022. Indonesia berharap salah satu dari wakilnya bisa meraih gelar juara.

Perlu diketahui, BWF World Tour Finals ialah turnamen penutup dari rangkaian tur dunia, setelah turnamen bergulir pada satu musim.

Peserta yang tampil pun tak sembarangan. Setelah menjalani masa kualifikasi, hanya delapan pemain terbaik dari tiap sektor yang boleh tampil di World Tour Finals.

Meski baru pertama kali diusung di tahun 2018, tetapi konsep turnamen Finals yang mempertemukan para pemain terbaik dari tiap sektor ini sudah ada sejak tahun 1983.

Wakil Indonesia silih berganti menjadi juara, tetapi ada beberapa pebulu tangkis yang paling sering naik podium di BWF Finals. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Susy Susanti

Legenda tunggal putri Indonesia, Susy Susanti merupakan pebulu tangkis paling sukses di perhelatan BWF World Tour Finals. Total ia sudah juara di enam edisi berbeda.

Susy Susanti menjuarai BWF Finals 1990, 1991, 1992, 1993, 1994, dan 1996. Sementara di tahun 1997, ia menjadi runner-up, dan di tahun 1998, ia absen karena sedang hamil.

Faktanya, sampai saat ini belum ada lagi wakil tunggal putri Indonesia yang bisa menjuarai BWF Finals. Bahkan, untuk lolos menjadi 8 pemain peserta pun sangat sulit.

Pada tahun ini, Gregoria Mariska mengukir sejarah dan lolos ke BWF World Tour Finals 2022. Semoga atlet asal Wonogiri itu bisa melanjutkan kegemilangan Susy Susanti.