In-depth

Fakta BWF World Tour Finals: Ahsan/Hendra Selalu Selamatkan Muka Indonesia, Siapa Berikutnya?

Kamis, 1 Desember 2022 18:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Denmark Open 2022. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Denmark Open 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan terbukti selalu berhasil menyelamatkan muka Indonesia di BWF World Tour Finals. Adakah pemain atau pasangan Merah Putih lainnya yang bisa mengangkat beban The Daddies? 

BWF World Tour Finals 2022 kembali di Bangkok. Turnamen ini akan digelar tanggal 7-11 Desember di Nimibutr Arena.

Indonesia mengirimkan tujuh wakil yang tersebar di lima sektor berbeda. Mereka akan bersaing dengan para pemain dan pasangan top dari China, Malaysia, Jepang, Thailand hingga Denmark.

Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi wakil Indonesia terakhir yang resmi diundang oleh BWF.

Gregoria Mariska lolos setelah tunggal putri India, PV Sindhu yang memutuskan mundur karena mengalami cedera sejak penampilannya di Commonwealth Games 2022.

Apriyani/Fadia juga memastikan tampil setelah menggantikan pasangan asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang juga memutuskan mundur karena cedera.

Dengan demikian, Gregoria dan Apriyani/Fadia menyusul jejak lima wakil Indonesia yang dulu lulu memastikan lolos berdasarkan perhitungan poin BWF World Tour sepanjang 2022.

Mereka adalah dua ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dua tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, dan satu ganda campuran Rinov Rivaldy/Putha Haningtyas Mentari.

Dengan mengirimkan tujuh perwakilan di BWF World Tour Finals 2022, maka Indonesia menjadi negara terbanyak kedua setelah China yang mengirimkan 8 wakilnya.

Namun demikian, capaian rekor baru ini tetap dibayangi oleh fakta miris keikutsertaan Indonesia dalam  14 edisi baik di Super Series Finals dan BWF World Tour Finals. Apa itu?