In-depth

Jawara Grand Slam Tenis Tahun 2022: Nadal Pertajam Rekor, Swiatek Comeback, Djokovic?

Minggu, 18 Desember 2022 18:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS-Yves Herman
Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, mempertajam rekor dengan meraih dua gelar Grand Slam pada musim 2022, lalu bagaimana dengan nasib Novak Djokovic? Foto: REUTERS-Yves Herman Copyright: © REUTERS-Yves Herman
Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, mempertajam rekor dengan meraih dua gelar Grand Slam pada musim 2022, lalu bagaimana dengan nasib Novak Djokovic? Foto: REUTERS-Yves Herman

INDOSPORT.COM – Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, mempertajam rekor dengan meraih dua gelar Grand Slam pada musim 2022, lalu bagaimana dengan nasib Novak Djokovic?

Seperti diketahui, Grand Slam merupakan istilah untuk turnamen tenis kasta tertinggi. Australian Open jadi turnamen Grand Slam pembuka dalam satu kalender. Ajang ini digelar pada pertengahan Januari.

Setelah Australian Open, French Open menjadi turnamen Grand Slam berikutnya yang dilangsungkan pada akhir Mei hingga awal Juni.

Wimbledon menyusul pada akhir Juni sampai dengan awal Juli. Baru kemudian US Open menutup rangkaian turnamen Grand Slam pada Agustus – September.

Menariknya, ada dua petenis pria dan wanita yang mampu memenangkan dua di antaranya pada 2022. Kedua petenis ini adalah Rafael Nadal dan Iga Swiatek.

Nadal dari Spanyol memenangkan Australian Open dan French Open sedangkan Iga Swiatek dari Polandia menjadi jawara di French Open dan US Open.

Nadal berkat kemenangannya di Melbourne dan Paris kini unggul dalam persaingan grand slam pria, yang selama ini juga didominasi Roger Federer dan Novak Djokovic.

Federer mengakhiri kariernya tahun ini dengan mengemas 20 gelar Grand Slam, Nadal kini mengantongi 22 gelar unggul satu gelar dari rival beratnya Novak Djokovic.

Selengkapnya, INDOSPORT memaparkan nama-nama petenis pria dan wanita yang berhasil memenangkan empat turnamen grand slam sepanjang tahun ini: