In-depth

Statistik di Luar Nalar Zheng Siwei, Raja Ganda China yang Saingi Rekor Senior Legendaris

Rabu, 21 Desember 2022 13:37 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Visual China Group via Getty Images
Sungguh mengerikannya pebulu tangkis spesialis ganda asal China, Zheng Siwei, yang memiliki statistik mengagumkan menyaingi senior legendaris, Zhang Nan. Copyright: © Visual China Group via Getty Images
Sungguh mengerikannya pebulu tangkis spesialis ganda asal China, Zheng Siwei, yang memiliki statistik mengagumkan menyaingi senior legendaris, Zhang Nan.

INDOSPORT.COM –  Sungguh mengerikannya pebulu tangkis spesialis ganda asal China, Zheng Siwei, yang memiliki statistik mengagumkan menyaingi senior legendaris, Zhang Nan.

Tak bisa memungkiri membicarakan betapa ganas dan mengerikannya Zhang Nan, salah satu ganda putra terbaik dunia yang dimiliki China dan dunia.

Melansir Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), tercatat bahwa Zhang nan telah melengkapi gelarnya mulai dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, Piala Thomas, Asian Games, hingga BWF World Tour.

Jika dirunut lebih dalam, Zhang Nan sering bergonta-ganti pasangan, tetapi selalu bisa moncer dengan siapa pun bertanding.

Pada sektor ganda putra, Zheng Siwei pernah berpasangan dengan Chai Biao, Fu Haifeng, Lu Kai, Liu Cheng, hingga Ou Xuan Yi.

Capaian terbaiknya di antaranya adalah meraih emas Olimpiade Rio 2016 bersama Fu Haifeng dan emas Kejuaraan Dunia bersama Liu Cheng.

Sementara di sektor ganda campuran, Zhang Nan pernah berpasangan dengan  Lu Lu, Tang Jinhua, Zhao Yunlei, dan Li Yunhui.

Capaian terbaik Zhang Nan di sektor ganda campuran di antaranya adalah meraih emas Olimpaide 2012 Sydney bersama Zhao Yunlei, serta dua emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan partner yang sama.

Deskripsi itu rasanya sudah cukup untuk menjadi bukti bahwa Zhang Nan pantas menjadi salah satu role model sektor ganda bulutangkis di China maupun dunia.

Meski demikian, di kala dirinya memasuki usia senja kariernya, pencapaian Zhang Nan saat ini rasanya bisa tersaingi juniornya di pelatnas bulutangkis China, Zheng Siwei.

Secara statistik, banyak fakta menarik bahwa Zhang Nan dan Zheng Siwei layak disandingkan dengan pencapaian serupa. Lebih detailnya ada di halaman kedua.