In-depth

Diari Rafael Nadal Sepanjang 2022: Tangguh Tak Ada Lawan di Lapangan Tanah Liat

Jumat, 23 Desember 2022 01:12 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images
Melihat sepak terjang Rafael Nadal sepanjang tahun 2022. Foto: Clive Brunskill/Getty Images. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Melihat sepak terjang Rafael Nadal sepanjang tahun 2022. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Tahun ini, Rafael Nadal berhasil mempertahankan gelar raja lapangan tanah liat di French Open dan melalui bulan Desember di peringkat dua dunia.

Petenis senior asal Spanyol ini sudah cukup lama berkutat dengan masalah kebugaran dan beberapa kali mundur dari pertandingan karena cedera.

Kini menginjak usia 36 tahun, Rafael Nadal sadar betul bahwa tubuhnya kadang enggan berkompromi di lapangan.

Di sisi lain, ia nampak masih baik-baik saja untuk tetap berada di kompetisi level tertinggi tenis putra bersama rival beratnya, Novak Djokovic.

Bahkan, ia sudah mendapat pewaris yang layak diberikan tongkat estafet sebagai sesama pemain dari Spanyol, Carlos Alcaraz Garfia.

Nah, kira-kira seperti apa diari Rafael Nadal sepanjang tahun 2022?

Awal Tahun yang Sempurna

Perjalanan Rafael Nadal di lapangan tenis tahun ini dimulai dari turnamen ATP 250 yang digelar di Melbourne pada bulan Januari.

Bak awal yang sempurna, ia berhasil memenangkan turnamen ini usai menumbangkan Maxime Cressy di partai final di Rod Laver Arena.

Tidak sulit-sulit, ia menekuk petenis Amerika Serikat tersebut lewat dua set 7-6, 6-3.

Kemenangan di Melbourne in pun jadi bekal apik Rafael Nadal untuk melangkah ke turnamen Grand Slam awal tahun, Australian Open.