India Open 2023: Ujian Jonatan Christie-Anthony Ginting, Putus Puasa Gelar Setelah Alamsyah Yunus

Senin, 16 Januari 2023 20:55 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Duo tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting punya tantangan berat di ajang India Open 2023 untuk memecahkan gelar Alamsyah Yunus.

Menurut catatan Wikipedia, tunggal putra Indonesia tidak banyak meraih gelar di ajang India Open, dengan sempat puasa gelar cukup lama.

Dua pemain terakhir di sektor ganda putra Indonesia yang mampu meraih gelar India Open adalah Taufik Hidayat dan Alamsyah Yunus pada tahun 2009 dan 2010.

Hanya saja, gelar Alamsyah Yunus begitu spesial, mengingat pemain yang satu ini bukanlah andalan pelatnas bulutangkis Indonesia.

Menilik catatan,  pemain yang sempat  bergabung ke klub JR Enkei Bekasi ini hanya mendapat dua kali gelar BWF Grand Prix dan satu runner-up.

Selain India Open yang diraih tahun 2010, Alamsyah Yunus mendapatkan gelar Malaysia Grand Prix Gold tahun 2013 dengan mengalahkan Goh Soon Huat yang kini menjadi pemain ganda campuran.

Hanya saja, gelar India Open 2010 terasa spesial untuk Alamsyah Yunus, mengingat hingga jelang gelaran India Open 2023, belum ada gelar tunggal putra yang didapat.

Kala itu, Alamsyah Yunus mengalahkan pemain India, R. M. V Gurusaidutt dengan dua gim langsung 21-13 dan 21-8.

Jejak Alamsyah Yunus inilah yang akan coba diteruskan oleh Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie untuk mendapatkan gelar perdana sektor tunggal putra di India Open 2023.

Hanya saja, undian Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie cukup sulit, untuk mendapatkan gelar di India Open 2023.