In-depth

Legenda-Legenda Bulutangkis Indonesia dengan Kisah Sukses Sepanjang Sejarah All England

Jumat, 3 Februari 2023 11:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono. Foto: S&G/PA Images via Getty Images. Copyright: © S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono. Foto: S&G/PA Images via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Sejumlah legenda bulutangkis Indonesia telah mencatatkan namanya ke daftar pemain tersukses di All England.

Dari masa ke masa, turnamen bulutangkis tertua di dunia ini menelurkan banyak juara hebat yang tidak cuma sekali dua kali berdiri di atas podium tertinggi.

Meski saat awal-awal event digelar, daftar juara All England didominasi wakil tuan rumah, negara-negara seperti Denmark, Amerika Serikat, dan India berhasil menyodok masuk sejak era 1920-an.

Waktu demi waktu pun terus berlalu dan Indonesia pada akhirnya memiliki jagoan di All England yang berjaya di sektor tunggal putra.

Ia adalah Rudy Hartono yang berhasil menyabet tujuh gelar beruntun mulai edisi 1968 sampai dengan 1974.

Kesuksesan Rudy Hartono ini pun jadi salah satu rekor kemenangan terpanjang di All England bersama pasangan ganda putri China, Gao Ling/Huang Sui.

Selain tujuh gelar tunggal putra yang diraih secara berturut-turut, Rudy Hartono juga mencatatkan kemenangan kedelapannya pada 1976.

Bahkan saat itu, ia harus menjalani perang saudara menghadapi Liem Swie King dan menang dengan skor 15-7, 15-6.

Sampai detik ini, belum ada pemain yang mampu menyaingi jumlah gelar milik Rudy Hartono di sektor tunggal putra All England.

Selain itu, legenda bulutangkis Indonesia kelahiran Surabaya tersebut juga mencatat rekor impresif dengan tampil sebanyak sepuluh kali di final All England.