Miris! Begini Kondisi Lee Zii Jia saat Latihan Tanpa Pelatih, BL Minta Bantuan Viktor Axelsen

Jumat, 10 Februari 2023 13:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Naomi Baker/Getty Images
Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia, memegang trofi juara All England 2021 setelah mengalahkan Viktor Axelsen (Denmark) pada laga final di Utilita Arena Birmingham, Minggu (21/3/2021). Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia, memegang trofi juara All England 2021 setelah mengalahkan Viktor Axelsen (Denmark) pada laga final di Utilita Arena Birmingham, Minggu (21/3/2021).

INDOSPORT.COM - Pemandangan miris terlihat ketika pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia berlatih seorang diri di kamarnya, tanpa didampingi oleh pelatih.

Sebagaimana diketahui, Lee Zii Jia adalah salah satu pebulutangkis tunggal putra terbaik dunia asal Malaysia.

Lee Zii Jia pernah menjabat sebagai pemain nomor dua terbaik dunia, di bawah Viktor Axelsen. Namun setelah itu, ia justru memutuskan keluar dari Pelatnas Malaysia.

Salah satu alasan Lee Zii Jia pergi dari Pelatnas adalah karena tekanan yang diberikan terlalu besar untuknya.

Lee Zii Jia pernah menampilkan potret kondisi kakinya yang terluka parah dan kulitnya terkelupas, tetapi ia tetap dipaksa untuk bertanding.

Kini, Lee Zii Jia memutuskan untuk bermain profesional, tidak berlatih di Pelatnas lagi, dan mengandalkan bantuan dari pihak sponsor untuk mengikuti beberapa turnamen.

"Saya merasa bahwa alasan pertama saya memilih menjadi profesional adalah kondisi internal di Pelatnas," ungkap Lee Zii Jia usai memutuskan keluar dari Pelatnas Malaysia.

"Rasanya, saya tak bisa mengatasi tekanan yang diberikan pada saya. Itulah mengapa saya mengambil keputusan besar tersebut."

Awalnya, Lee Zii Jia memboyong serta pelatihnya di Pelatnas Malaysia, yakni juru taktik asal Indonesia, Indra Wijaya, untuk mendampingi sebagai pelatih privat.

Namun, seiring waktu, prestasi Lee Zii Jia di tahun 2022 dan awal 2023 mulai merosot. Ia telah memecat pelatih Indra Wijaya, tetapi sampai kini belum merekrut pelatih anyar.