Waduh! Kondisi Tunggal Putra PBSI Bikin Irwansyah Ketar-ketir Jelang BAMTC dan All England

Senin, 13 Februari 2023 13:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Humas PP PBSI
Pelatih tunggal putra, Irwansyah mengungkapkan pihaknya sempat dibuat khawatir terkait kondisi anak didiknya di Pelatnas PBSI jelang BAMTC dan All England 2023. Copyright: © Humas PP PBSI
Pelatih tunggal putra, Irwansyah mengungkapkan pihaknya sempat dibuat khawatir terkait kondisi anak didiknya di Pelatnas PBSI jelang BAMTC dan All England 2023.

INDOSPORT.COM – Pelatih tunggal putra, Irwansyah mengungkapkan pihaknya sempat dibuat khawatir terkait kondisi anak didiknya di Pelatnas PBSI jelang BAMTC dan All England 2023.

Diketahui, Pelatnas PBSI memiliki empat tunggal putra yang diandalkan dalam turnamen senior yakni Jonatan Christie, Anthony Ginting, Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Keempat wakil tunggal putra Indonesia itu telah berjuang maksimal di tiga turnamen pembuka yakni Malaysia Open, India Open dan Indonesia Masters 2023 selama Januari kemarin.

Kini mereka tengah mempersiapkan diri untuk turnamen selanjutnya yakni Badminton Asia Mixed Team Championships atau BAMTC 2023 dan Tur Eropa terutama All England 2023.

Irwansyah selaku pelatih tunggal putra di Pelatnas PBSI mengatakan bahwa kondisi anak didiknya sudah bersiap untuk bertempur, usai memiliki waktu dua minggu untuk pemulihan dan latihan fisik BAMTC dan All England 2023.

Selain itu, tim pelatih juga secara khusus mempersiapkan ketahanan mental atlet untuk berlaga pada dua turnamen elite yang menjadi fokus tunggal putra tersebut.

Irwansyah menjelaskan bahwa dirinya tak mengkhawatirkan kondisi fisik para anak asuhnya. Ia menilai latihan mereka sudah bagus dan sesuai dengan harapan.

Namun ia sempat dibuat ketar-ketir karena selain kondisi fisik, kemampuan itu harus dibarengi dengan kondisi mental yang matang pula.

Ia menceritakan bahwa sudah banyak temuan bahwa mental atlet yang baik akan memengaruhi daya juang di atas arena.

Bagi Irwansyah selaku pelatih PBSI, percuma saja jika fisik sudah mumpuni namun mentalnya payah sehingga atlet tidak akan punya daya juang maksimal, yang juga menjadi pekerjaan rumah bagi Jonatan Christie, Anthony Ginting, Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo.