Wow! Tak Terduga jadi Kuda Hitam, India Cetak 2 Sejarah Sekaligus di BAMTC 2023

Sabtu, 18 Februari 2023 11:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shi Tang/Getty Images
Tim India berhasil mencetak dua sejarah sekaligus di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships atau BAMTC 2023. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Tim India berhasil mencetak dua sejarah sekaligus di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships atau BAMTC 2023.

INDOSPORT.COM – Tim India berhasil mencetak dua sejarah sekaligus di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships atau BAMTC 2023.

Ajang BAMTC 2023 edisi kali ini dipenuhi banyak kejutan, salah satunya ialah tim unggulan bertumbangan di babak perempat final.

Tercatat ada 17 negara Asia yang mengikuti kompetisi beregu ini, dengan empat di antaranya sebagai tim unggulan.

Yakni China selaku unggulan pertama, kemudian Jepang sebagai unggulan kedua, serta Indonesia dan Malaysia yang menjadi unggulan ketiga dan keempat.

Namun siapa sangka hanya China sebagai tim unggulan yang mampu bertahan hingga babak semifinal. Tiga lainnya berasal dari tim non-unggulan, tapi memang menjadi rival sengit seperti Korea Selatan, Thailand dan India.

Khususnya India, yang membuktikan dirinya bukanlah skuad yang dianggap remeh. Bagaimana tidak, tercatat PV Sindhu dkk sudah mencatatkan dua sejarah untuk negaranya.

Melansir dari BadmintonTalk di Twitter, India untuk pertama kalinya mengalahkan Malaysia dalam pertandingan beregu campuran BWF, di luar Commonwealth Games 2022.

Momen tersebut terjadi saat babak fase grup, di mana India menang telak dengan skor 4-1 atas Malaysia, dan resmi menjadi juara Grup B BAMTC 2023.

Selain berhasil mengalahkan Malaysia untuk pertama kalinya di ajang beregu, India juga mencatatkan prestasi lainnya.

Yakni India pertama kali menembus babak semifinal usai mengalahkan Hong Kong di perempat final BAMTC 2023.