Dinaturalisasi Australia, Bidadari Bulutangkis Setyana Mapasa Kenang Jersey 'Merah Putih'

Senin, 13 Maret 2023 17:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Matt Roberts/Getty Images
Dinaturalisasi Australia pada 2014, atlet bulutangkis berparas cantik, Setyana Mapasa, kenang jersey ‘Merah Putih’ yang digunakannya saat bela Indonesia dulu. Copyright: © Matt Roberts/Getty Images
Dinaturalisasi Australia pada 2014, atlet bulutangkis berparas cantik, Setyana Mapasa, kenang jersey ‘Merah Putih’ yang digunakannya saat bela Indonesia dulu.

INDOSPORT.COM – Dinaturalisasi Australia pada 2014, atlet bulutangkis berparas cantik, Setyana Mapasa, kenang jersey ‘Merah Putih’ yang digunakannya saat membela Indonesia dulu.

Setyana Mapasa saat ini lebih banyak dikenal publik sebagai mantan pasangan Gronya Somerville yang membela Australia untuk sektor ganda putri.

Hal itu tidak lepas dari betapa ganasnya duet Gronya Somerville/Setyana Mapasa sebagai ganda putri dunia yang pernah menembus ranking 18 dunia.

Beragam gelar juga telah diraih Gronya Somerville/Setyana Mapasa, seperti juara Canada Open 2019, Dutch Open 2016, dan Canada Open 2016.

Pasangan Gronya Somerville/Setyana Mapasa juga dipercaya mewakili Australia di perhelatan akbar pesta OIimpiade Tokyo 2020.

Bahkan meskipun mereka bercerai lantaran keputusan Setyana Mapasa meninggalkan pelatnas bulutangkis Australia pada September 2021, nyatanya popularitas mereka sebagai pasangan tak pudar.

Mereka tetap saling mendukung. Gronya Somerville kini sedang memulai pelabuhan baru dengan pasangan baru, Kaityln Ea dan Kenneth Zhe Hoi Choo.

Begitupun dengan Setyana Mapasa yang memutuskan comeback usai menikah dengan Sonny Soputra pada tahun 2022.

Dilansir dari laman BWF, Setyana Mapasa bahkan baru saja menjuarai Kejuaraan Oseania 2023 akhir Februari lalu dengan pebulutangkis Australia asal Indonesia, Sylvinna Kurniawan.

Dalam perjalanan barunya sebagai pebulutangkis independen Australia, Setyana Mapasa akhir-akhir ini mengenang  jersey ‘Merah-Putih’ yang dia kenakan saat masih membela Indonesia dulu.