In-depth

Mengenang Kiprah Rudy Hartono di All England: 10 Final dengan 8 Gelar Juara

Sabtu, 18 Maret 2023 18:57 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono. Copyright: © S&G/PA Images via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Indonesia yakni Rudy Hartono merupakan maestro badminton Tanah Air yang memiliki rekor luar biasa di ajang All England.

Sebagaimana diketahui, saat ini dunia bulutangkis sedang diramaikan dengan turnamen All England 2023. Ajang berlabel BWF World Tour Super 1000 ini digelar pada 14 Maret hingga 19 Maret di Birmingham, Inggris.

Bila membahas soal All England, tentu para pecinta bulutangkis tidak bisa lepas dari sosok Rudy Hartono. Eks atlet Indonesia ini tercatat sebagai tunggal putra tersukses sepanjang sejarah.

Ia sukses mencapai 10 kali final di turnamen tersebut dan meraih delapan gelar juara. Yang membanggakan, dari delapan gelar, tujuh diantaranya diperoleh secara beruntun.

Rudy Hartono lahir dengan nama kecil Nio Hap Liang. Ia lahir di Surabaya, pada 18 Agustus 1949 silam dan berasal dari keluarga yang jago dalam permainan bulutangkis.

Ayahnya yaitu Zulkarnain Kurniawan juga merupakan atlet badminton. Saat masih muda, Rudy awal mulanya menggeluti banyak jenis olahraga diantaranya atletik, bola voli, sepak bola dan sepatu roda.

Akan tetapi, kemampuan atletik akhirnya membawanya ke dunia bulutangkis. Bakatnya itu kemudian ditempa ayahnya melalui Persatuan Bulu Tangkis Oke dengan melalui proses latihan keras.

Hingga akhirnya buah dari latihan membuat Rudy Hartono bisa mewakili Indonesia di berbagai ajang. Salah satunya kesuksesan di ajang All England.

Berikut INDOSPORT telah merangkum kiprah Rudy Hartono saat menjuarai All England sebanyak delapan kali: