In-depth

Profil Syabda Perkasa Belawa: Bakat Muda Bulutangkis Indonesia yang Kini Telah Tiada

Senin, 20 Maret 2023 13:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PP PBSI
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa. Foto: PP PBSI. Copyright: © PP PBSI
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa. Foto: PP PBSI.

INDOSPORT.COM - Mengintip sekilas profil Syabda Perkasa Belawa, atlet bulutangkis tunggal putra Indonesia yang meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada Senin (20/03/23).

Dunia bulutangkis Indonesia tengah berduka lantaran kehilangan salah satu atlet muda berbakatnya, Syabda Perkasa Belawa, yang berpulang ke pangkuan Tuhan untuk selama-lamanya.

Setelah kabar duka ini tersebar, para penggemar bulutangkis dan rekan-rekan Syabda, serta PBSI dan PB Djarum pun turut mengungkapkan rasa dukacita mereka.

“Selamat jalan atlet tanguh. Prestasi dan pengorbananmu akan selalu dikenang,” tulis PBSI dalam caption unggahannya di Instagram.

Bicara soal profil Syabda Perkasa Belawa, ia merupakan atlet muda yang berbakat dan menjanjikan bagi masa depan bulutangkis Indonesia, terutama di sektor tunggal putra.

Lahir di Jakarta pada 25 Januari 2001, sosok yang satu ini sudah menunjukkan potensinya di bidang bulutangkis sejak masih berkarier di level junior.

Ia mengawali kariernya dari klub Jaya Raya sebelum bergabung dengan PB Djarum pada tahun 2013, hingga akhirnya mendarat di Pelatnas pada 2018.

Tidak lama setelahnya, Syabda langsung tampil menggebrak dengan menjuarai ajang BWF junior yakni Jakarta Junior International pada 2019.

Di ajang tersebut, Sabda tampil bersama rekan-rekannya sesama pemain muda dari Indonesia seperti Mutiara Ayu Puspitasari, Bilqis Prasista, Putri KW dan masih banyak lagi.

Di Jakarta Junior International 2019, Syabda berhasil meraih gelar juara tunggal putra U-19 setelah mengalahkan pemain muda dari Prancis, Christo Popov, 21-14, 21-17.