Tutup Usia, Flashback Momen Syabda Perkasa Jadi Pahlawan Indonesia di Piala Thomas 2022

Senin, 20 Maret 2023 13:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© PP PBSI
Mengenang momen Syabda Perkasa Belawa menjadi pahlawan kemenangan tim bulutangkis Indonesia di Piala Thomas 2022. Copyright: © PP PBSI
Mengenang momen Syabda Perkasa Belawa menjadi pahlawan kemenangan tim bulutangkis Indonesia di Piala Thomas 2022.

INDOSPORT.COM – Mengenang momen Syabda Perkasa Belawa menjadi pahlawan kemenangan tim bulutangkis Indonesia di Piala Thomas 2022.

Kabar duka datang dari pebulutangkis tunggal putra Indonesia yakni Syabda Belawa Perkasa yang meninggal dunia pada usia 22 tahun pada Senin (20/03/23).

Menurut informasi dari legenda bulutangkis Yuni Kartika, Syabda beserta sang ibunda meninggal dunia karena kecelakaan mobil yang terjadi di Tol Pemalang.

Syabda Belawa Perkasa sendiri dikenal sebagai tunggal putra muda potensial yang menorehkan beragam prestasi selama kiprahnya di dunia bulutangkis Indonesia.

Salah satu momen yang sukses melambungkan namanya adalah pada ajang Piala Thomas 2022. Di mana saat itu ia pernah menjadi pahlawan bagi tim bulutangkis Indonesia.

Ya, di Piala Thomas 2022, Syabda menjadi penentu kemenangan tim Indonesia atas Korea Selatan di babak penyisihan grup, sebagaimana unggahan momen Twitter resmi BWF pada akhir 2022 lalu.

“Ingatkah kemenangan luar biasa Syabda Perkasa Belawa yang menyelamatkan Indonesia,” tulis keterangan BWF pada unggahan tersebut.

Dalam unggahan tersebut, Syabda sukses menyelamatkan muka tim Piala Thomas Indonesia usai mengalahkan wakil Korea Selatan, Lee Yun-gyu dalam tiga gim, 21-14, 11-21, 21-16.

Gemuruh suara tim Merah Putri di Impact Arena, Bangkok, Thailand langsung pecah usai Syabda tampil gemilang dan memastikan skuad Indonesia menjadi juara grup dan lolos ke perempat final Piala Thomas 2022.

Sayangnya, kala itu, tim Indonesia gagal mempertahankan gelar juara Piala Thomas usai kalah dari India di final dengan skor 0-3.