Jadwal Drawing Piala Sudirman 2023: Indonesia Unggulan, Jumpa Tim Mana?

Sabtu, 25 Maret 2023 11:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© BWF
Drawing turnamen bulutangkis beregu bertajuk Piala Sudirman 2023 akan dilangsungkan hari ini, Sabtu (25/03/23). Siapa nanti yang akan jadi lawan tim Indonesia? Foto: BWF Copyright: © BWF
Drawing turnamen bulutangkis beregu bertajuk Piala Sudirman 2023 akan dilangsungkan hari ini, Sabtu (25/03/23). Siapa nanti yang akan jadi lawan tim Indonesia? Foto: BWF

INDOSPORT.COM – Drawing turnamen bulutangkis beregu bertajuk Piala Sudirman akan dilangsungkan hari ini, Sabtu (25/03/23). Siapa nanti yang akan jadi lawan tim Indonesia?

Piala Sudirman merupakan kompetisi tim campuran bulutangkis internasional yang diperebutkan oleh negara-negara anggota BWF.

Kejuaraan diadakan setiap dua tahun sekali sejak 1989. Sejauh penyelenggaraan Piala Sudirman, baru ada tiga negara yang berhasil menapaki gelar juara, yakni China, Korea Selatan, dan Indonesia.

Menariknya, ajang Piala Sudirman 2023 juga akan menandai dimulainya perhitungan poin para pebulutangkis untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

Sebanyak 16 tim sudah memastikan lolos Piala Sudirman edisi 2023. Kualifikasi ini ditentukan berdasarkan hasil kejuaraan beregu dari setiap benua atau kontinental.

Dari kejuaraan Badminton Asia Mixed Team Championships 2023, China, Korea Selatan, India, dan Thailand lolos ke Piala Sudirman karena menjadi peserta yang bertahan hingga babak empat besar.

Meski gagal mencapai semifinal di turnamen yang digelar yang berlangsung di Dubai Exhibition Centre pekan lalu,  Indonesia tetap berhak masuk sebagai peserta Piala Sudirman.

Indonesia dipastikan lolos sebagai salah satu 16 peserta Piala Sudirman setelah mengamankan satu slot khusus berdasarkan peringkat tim.

Dengan demikian, Indonesia jadi unggulan ketiga. China dan Jepang masing-masing berstatus unggulan kedua, sedangkan unggulan keempat dihuni Malaysia.

Untuk unggulan 5/8 ajang Piala Sudirman secara berturut-turut dihuni oleh Thailand, Korea Selatan, Denmark dan Chinese Taipei.