3 Tunggal Putra dengan Jumlah Poin Tertinggi di Ranking BWF World Tour 2023, China Dominan!

Minggu, 26 Maret 2023 06:05 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Subhan Wirawan
© bwfbadminton.com
Ng Ka Long Angus, pebulu tangkis Hong Kong keturunan Indonesia Copyright: © bwfbadminton.com
Ng Ka Long Angus, pebulu tangkis Hong Kong keturunan Indonesia

INDOSPORT. COM - Tiga teratas ranking BWF World Tour 2023 dari sektor tunggal putra, saat ini tampak dikuasai oleh nama-nama pebulutangkis asal China.

Sejak 2018, peta persaingan pentas bulutangkis internasional setiap tahunnya selalu terangkum lengkap dalam kalender BWF World Tour.

Berbagai kompetisi bulutangkis yang terbagi dalam lima level berbeda, yaitu Super 100, Super 300, Super 500, Super 750, dan Super 1000, diadakan terus-menerus dari awal sampai penghujung tahun.

Para pebulutangkis top dunia yang ikut serta, nantinya bakal dihitung lagi perolehan jumlah kemenangan dan gelar juaranya melalui sistem poin serta klasemen.

Semakin sering meraih kemenangan dan gelar juara, maka semakin banyak pula koleksi poin yang dikumpulkan, sekaligus semakin meninggikan posisi si pebulutangkis di tabel klasemen BWF World Tour.

Jelang akhir tahun, para pebulutangkis dari masing-masing sektor (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran) yang mampu menempati delapan posisi teratas di tabel klasemen, berhak melaju ke ajang World Tour Finals pada penutupan kalender BWF World Tour.

INDOSPORT lantas hendak merangkum nama-nama pebulutangkis dari sektor tunggal putra yang sejauh ini menghuni tiga teratas klasemen BWF World Tour 2023.

Menariknya, dua dari tiga nama yang ada dalam daftar berikut, diketahui sama-sama memiliki status sebagai pebulutangkis berkebangsaan China.

Padahal kalau melihat ranking dunia BWF sektor tunggal putra, tiga teratasnya tidak terselip satupun  perwakilan asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sedangkan Indonesia yang punya dua atlet di tiga teratas ranking dunia BWF sektor tunggal putra, justru tidak tertera sama sekali di tiga teratas klasemen BWF World Tour 2023.