Dikulik Media Prancis, Pebulutangkis Rosy Oktavia Bongkar Alasan Tinggalkan Indonesia

Minggu, 9 April 2023 13:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@rosyoktaviapancasari
Pebulutangkis naturalisasi Prancis, Rosy Oktavia Pancasari, mengungkapkan alasannya memutuskan tinggalkan Indonesia dan berganti kewarganegaraan. Copyright: © Instagram@rosyoktaviapancasari
Pebulutangkis naturalisasi Prancis, Rosy Oktavia Pancasari, mengungkapkan alasannya memutuskan tinggalkan Indonesia dan berganti kewarganegaraan.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis naturalisasi Prancis, Rosy Oktavia Pancasari, mengungkapkan alasan memutuskan tinggalkan Indonesia dan berganti kewarganegaraan.

Rosy Oktavia Pancasari sedang menjadi primadona di kalangan bulutangkis Prancis. Terbaru, dirinya melakoni debut di ajang BWF World Tour Super 300 Orleans Masters 2023 pekan ini.

Bermain di bawah bendera Prancis, sosoknya mencuri perhatian karena memiliki nama yang sangat identik dengan nama orang Indonesia.

Ya. Rosy Oktavia Pancasari memang terlahir sebagai orang Indonesia. Namun 10 tahun lalu, tepatnya 2013, Rosy resmi menanggalkan status WNI dan dinaturalisasi jadi warga Prancis.

Dalam wawancara terbarunya pebulutangkis berusia 28 tahun tersebut mengungkapkan awal mula dirinya pindah ke Prancis karena direkrut sebuah klub bulutangkis di negara tersebut Chambly (Oise).

“Saya senang bisa menemukan Prancis dan Paris,” tutut Rosy Oktavia Pancasari kepada Strasbourd Magazine 334.

Hijrah ke Prancis, Rosy Oktavia Pancasari beradaptasi dengan negara barunya sampai kemudian dia bergabung dengan ASPTT Strasbourg tujuh tahun lalu atas permintaan Julien Fuchs.

“Dia (Julien Fuchs) melihat saya memiliki potensi dalam permainan saya yang tidak saya sadari, tetapi kepercayaan saya kecil,” lanjutnya.

Rosy Oktavia kemudian menemukan bakatnya kembali terasai di tim ASPTT. Dia bahkan mampu menembus final Championnats de France sebelum dikalahkan Breton Xue Fei Qi.

“Biasanya, kami memiliki level yang sama, dia dan aku. Tapi, hari itu bukan keberuntungan saya,” kata Rosy Oktavia Pancasari.