Catatan Prestasi Bulutangkis Indonesia di Tur Eropa: Nyaris Puasa, Hanya Gondol 2 Gelar Juara

Senin, 10 April 2023 13:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Indonesia tercatat hanya berhasil meraih dua gelar saja termasuk yang diraih oleh Fajar/Rian dalam lima rangkaian tur Eropa 2023 kemarin. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Indonesia tercatat hanya berhasil meraih dua gelar saja termasuk yang diraih oleh Fajar/Rian dalam lima rangkaian tur Eropa 2023 kemarin. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM Indonesia tercatat hanya berhasil meraih dua gelar saja dalam lima rangkaian tur Eropa 2023 kemarin.

Rangkaian lima turnamen yang berlangsung di Eropa akhirnya resmi selesai selepas berakhirnya ajang Orleans Masters 2023.

Sekadar informasi, tur Eropa sendiri dimulai dari German Open (7-12 Maret), All England (14-19 Maret), Swiss Open (21-26 Maret).

Lalu dilanjutkan dengan Spain Masters (28 Maret-2 April), dan kemudian ditutup di Orleans Masters 2023 (4-9 April) kemarin.

Indonesia sendiri tentu mengirimkan skuad terbaiknya di lima ajang ini. namun sayangnya, Skuad Garuda tak bisa meraih hasil maksimal atau menggondol banyak juara.

Sebab dari lima turnamen yang diikuti, Indonesia hanya mampu memboyong dua gelar juara saja.

Yakni satu gelar juara di All England 2023 yang diraih oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada 19 Maret lalu.

Fajar/Rian yang berstatus sebagai unggulan pertama berhasil menang 21-17 dan 21-14 di atas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di perang saudara bertajuk All Indonesian Finals.

Keberhasilan ini turut membuat Fajar/Rian akhirnya kembali meraih gelar Super 1000 keduanya pasca juara di Malaysia Open 2023 awal Januari kemarin.

Selain Fajar/Rian, satu wakil Indonesia lainnya mampu menjadi kejutan di Tur Eropa ialah Gregoria Mariska yang berhasil menyabet gelar di ajang Spain Masters 2023.