Absen di BAC 2023, Nasib Pramudya/Yeremia dan Kevin/Marcus Dibongkar Dewan BWF

Jumat, 14 April 2023 14:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, mendapat tantangan menjaga peringkat dunia usai absen di BAC 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, mendapat tantangan menjaga peringkat dunia usai absen di BAC 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Dua ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, mendapat tantangan berat dalam mempertahankan peringkat mereka usai absen di Badminton Asia Championships 2023.

Hal ini dikemukakan oleh anggota dewan BWF dari Indonesia, Bambang Rudyanto, lewat cuitan di akun resmi Twitter pada Jumat (14/4/23).

Menurut Bambang Rudyanto, ranking Pramudya/Yeremia dan Kevin/Marcus akan berubah setelah absen di Badminton Asia Championships 2023 di Dubai pada 25-30 April mendatang.

Pramudya/Yeremia sendiri saat ini berada di peringkat ke-21, masih empat tinggal lebih baik dari Kevin/Marcus yang terus tergusur ke posisi 26 setelah absen di sejumlah turnamen.

Bambang Rudyanto menggarisbawahi bahwa peringkat Pram/Yere, khususnya, dikatakan aman setelah peringkat ganda putra Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani terjun bebas setelah dipisah.

Situasi tersebut membuat Pramudya/Yeremua mungkin hanya akan terjun ke peringkat 32-34 dunia, dan ini memungkinkan Pram/Yere bisa mengikuti 4-5 turnamen BWF World Tour.

Jika terpental ke peringkat tidak lebih dari 34 dunia, kampiun BAC 2022 itu diproyeksikan bisa ikut Malaysia Masters, Australia Open, Thailand Open, Singapore Open, hingga Taipei Open.

“Ranking Pram/Yere aman sampai Singapore Open. Untuk Indonesia Open, bisa jatuh antara 32-34,” tulis Bambang Rudyanto. "

"Yang menolong adanya ganda putra Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani yang sudah dipisahkan. Jadi Pram/Yere bisa ikut 4-5 turnamen dari Malaysia Masters ke Chinese Taipei open," cetusnya.

Diketahui, regulasi BAC disebutkan bahwa masing-masing sektor maksimal hanya dapat mengirimkan empat wakil saja. Itu pun kelolosan atlet juga bergantung pada peringkat BWF masing-masing atlet.

Atas dasar itu, Pramudya/Yeremia dan Kevin/Marcus dipastikan absen dan bukan tak mungkin bakal mempengaruhi peringkat dunianya.