4 Tunggal Putra Indonesia yang Pernah Juara BAC, Anthony Ginting Berikutnya?

Minggu, 30 April 2023 12:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Atlet tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting diprediksi akan menyusul Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro sebagai juara di Kejuaraan Bulutangkis Asia. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Atlet tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting diprediksi akan menyusul Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro sebagai juara di Kejuaraan Bulutangkis Asia. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Empat pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang pernah menjuarai ajang Badminton Asia Championships (BAC). Anthony Sinisuka Ginting berikutnya?

Anthony Sinisuka Ginting dari sektor tunggal putra, menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final turnamen Badminton Asia Championships (BAC) 2023 di Dubai.

Kepastian ini didapat usai Anthony Ginting menaklukkan Kanta Tsuneyama (Jepang), pada babak semifinal BAC yang dihelat di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai.

Anthony Ginting akan menghadapi tunggal putra andalan Singapura, Loh Kean Yew di babak final BAC 2023, Minggu (30/04/23). Ginting kini selangkah menuju gelar juara.

Menariknya, sebelum Anthony Ginting, sudah ada empat wakil tunggal putra Indonesia yang pernah naik podium tertinggi Kejuaraan Asia. Siapa saja mereka?

Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.

1. Muljadi

Kejuaraan Bulutangkis Asia pertama kali digelar pada tahun 1962. Sejak awal ajang ini digelar, Indonesia sudah mengirimkan wakilnya dan mengukir banyak prestasi.

Namun, pebulu tangkis tunggal putra pertama asal Indonesia yang bisa naik podium tertinggi Kejuaraan Asia adalah Muljadi, tepatnya pada tahun 1969 silam.

Kala itu, Muljadi menaklukkan penantang asal Malaysia, Punch Gunalan. Sebagai unggulan Indonesia, Muljadi berhasil menaklukkan lawannya dalam dua set.

Muljadi unggul atas Lunch Gunalan dengan skor 15-11, 15-3, dan berhak naik podium tertinggi dalam Kejuaraan Asia 1969.

Di sisi lain, Punch Gunalan juga berhasil menaiki podium tertinggi, tetapi di sektor lainnya, yakni di sektor ganda putra, saat berpasangan dengan Ng Boon Bee.